ArenaLTE.com – Melakukan selfie atau swafoto bukan sekadar mengambil foto biasa, asal jepret dan share di media sosial kita. Mengambil foto “selfie” menjadi sebuah cara yang menyenangkan untuk menunjukkan kepercayaan diri, kepribadian dan gaya kita pada dunia. Anda juga harus mengetahui tips memotret selfie jika ingin hasilnya lebih maksimal,

Media yang digunakan untuk berselfie ria biasanya berupa kamera depan pada smartphone. Kamera smartphone untuk selfie ini juga sudah dilengkapi dengan  berbagai aplikasi pendukung untuk meningkatkan hasil foto sefie agar terlihat lebih bagus dan menarik.

Walaupun demikian memotret selfie atau self-portrait memiliki kesulitan tertentu, karena kita harus berpose sekaligus memotret. Tidak jarang harus bolak-balik melihat kamera untuk mengecek hasil foto apakah sudah sesuai dengan keinginan atau tidak.

Sebagai salah satu wujud eksistensi pelakunya, tentu saja hasil foto selfie harus sempurna. Jangan hanya sekadar mengarahkan kamera ke wajah kita dan mengambil foto tanpa strategi.

Tips Memotret Selfie

Ada beberapa teknik dan strategi mengambil foto selfie yang bisa menghasilkan foto selfie terbaik dan membuat kagum teman kita yang melihatnya. Berikut ini beberapa tips dan trik memotret selfie agar tampil maksimal.ilustrasi selfie smartphone

  1. Sudut Yang Tepat

Untuk hasil foto selfie yang memikat, kita harus bisa memilih sudut yang tepat dalam pengambilan foto. Tips memotret selfie dari kami, coba atur terlebih dahulu sudut atau kemiringan kepala dan wajah yang tepat. Mengambil posisi kanan atau kiri sesuai lekuk wajah dan tubuh yang sekiranya dianggap sudah pas. Sehingga akan menjadikan foto selfie kita terlihat istimewa, jika dilihat oleh orang lain.

Atur agar tulang pipi kita terlihat menonjol, agar foto selfie yang di hasilkan memiliki aksen yang kuat dan menghasilkan gambar mata yang terlihat lebih besar dan bulat. Peganglah kamera agak tinggi dari kepala agar pandangan kamera mengarah ke bawah pada wajah, karena ini akan membuat mata kita terlihat lebih besar dan membantu kita terhindar dari tampilan “hidung babi”.

2. Tampilkan ekspresi yang menarik

selfie-panoramaSelf-portrait berbicara mengenai menampilkan emosi manusia ke dalamnya, dan emosi manusia tidak sebatas hanya senyum dan tertawa. Kita dapat berpose ekspresi emosi seperti marah, sedih, bingung, kaget dan lain sebagainya. Senyum merupakan salah satu ekspresi yang paling natural, cobalah berbagai pose dengan senyum yang berbeda-beda. Hal terpenting yaitu pastikan ekspresi kita terlihat alami dan tidak dibuat-buat.

3. Ketahuilah pose-pose yang sudah ketinggalan zaman

Ada beberapa pose selfie yang menjadi begitu populer dan sekarang sudah ketinggalan zaman. Pilihan pose selfie yang sering digunakan yaitu ekspresi “muka bebek” (duck face), memfleksibelkan otot, berpura-pura tertidur, atau berpura-pura tertangkap basah oleh seseorang. Kini sudah bukan zamannya duck face lagi nih, sekarang yang lagi hits adalah kiss face.

4. Menentukan Background Foto

Selfie yang bagus tidak saja menunjukan wajah kita namun juga background lokasi foto. Dengan menentukan latar belakang untuk berfoto, maka foto selfie kita akan terlihat sempurna. Jangan memilih latar belakang yang kotor terdapat banyak sampah atau barang berserakan, pilih background yang menarik layaknya fotografi atau latar yang polos.

Tidak jarang foto selfie di lokasi ekstrim dengan background yng ekstrim akan membuat terkesima orang lain yang melihatnya. Tips memotret selfie yang tak kalah penting yaitu menggunakan kamera dengan lensa lebar (wide angle camera), seperti contohnya yang dimiliki oleh lensa kamera depan Oppo F1s memiliki lebar 120 derajat sehingga area tangkapan foto lebih maksimal.

5. Gunakan Smartphone Dengan Kamera Selfie

Ini salah satu syarat mutlak dalam menghasilkan sebuah foto selfie yang sempurna. Gunakan kamera depan dengan resolusi yang tinggi seperti yang disediakan oleh smartphone khusus selfie seperti salah satunya OPPO F1s.

teknologi-selfieKhusus dibuat untuk selfie, kamera depan OPPO F1s ini dilengkapi dengan kamera 16 MP yang dapat menghasilkan hasil selfie dengan kualitas terbaik. Selain itu, kamera depannya juga memiliki sensor 1/3.1-inci dan diafragma besar F/2.0 yang merupakan kombinasi canggih untuk menghasilkan foto selfie tajam dan detil, namun tetap natural walaupun dalam kondisi kurang cahaya.

6. Mengatur Pencahayaan 

Perhatikan pencahayaan yang baik. Memiliki sumber cahaya yang baik adalah bagian penting untuk mengambil foto apa pun, dan hal ini juga berlaku untuk foto selfie. Pencahayaan paling bagus adalah dengan menggunakan natural light (cahaya alami), maka usahakan untuk mengambil foto selfie di lokasi banyak cahaya, seperti diluar ruangan atau dekat jendela.

selfie-lagiDan jika dalam kondisi kurang cahaya penggunaan lampu flash atau pencahayaan lampu neon yang menyilaukan dapat merusak foto selfie. Solusinya adalah teknologi pencahayaan yang bernama Screen Flash yang diterapkan oleh iPhone dan OPPO F1s. Fitur ini memanfaatkan layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi untuk menghasilkan cahaya yang dapat menggantikan LED Flash namun tetap telihat natural.

7. Gunakan Timer / Shutter Release

Salah satu keterbatasan dalam bereksplorasi dengan foto selfie adalah jangkauan lengan yang terbatas. Sedangkan jika meminta bantuan orang lain, selain canggung, tentu sudah tidak dapat lagi disebut foto selfie. Tips memotret selfie yang perlu dicoba adalah kita bisa menggunakan fitur mode timer dan aksesoris pendukung lainnya seperti tripod atau tongsis.

Solusi lainnya yaitu dengan menggunakan shutter release. Beberapa smartphone memungkinkan penggunaan handsfree-nya sebagai shutter release bahkan ada beberapa smartphone yang menyediakan aksesoris khusus untuk keperluan shutter release, misalnya Oppo N1 dengan o-click nya.

8. Maksimalkan fitur filter

Smartphone terbaru dan smartphone selfie tentu saja memiliki banyak filter yang dapat digunakan untuk memberikan efek menarik untuk mengambil foto selfie. Seperti yang disediakan dalam smartphone selie OPPO F1s fitur Beautify 4.0 yang mengadopsi teknologi pengenalan wajah yang lebih detail dan algoritma terbaru.

Fitur kamera selfie ini mampu menyesuaikan warna sehingga menghasilkan efek kulit wajah cerah dan natural. Tersedia 7 tingkat efek beauty dan bar warna kulit, memudahkan kita untuk mengatur hasil yang paling alami dan menarik perhatian. Asyiknya lagi, terdapat 9 jenis watermark yang dapat dipilih seperti pengaturan waktu, tanggal, lokasi, dan temperatur berdasarkan waktu saat berfoto selfie.