ArenalTE.com – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan sekitar 1,1 miliar remaja dan orang dewasa di dunia berisiko kehilangan pendengaran karena penggunaan perangkat audio di luar batas aman, termasuk tingkat volume smartphone. Lebih jauh, hasil analisis WHO menunjukkan bahwa sekitar 50% remaja dan dewasa muda berusia 12-35 tahun terpapar tingkat suara yang tidak aman bagi pendengaran yaitu lebih dari 85 desibel selama delapan jam atau 100 desibel selama 15 menit. Biasanya ketika mereka menggunakan headset atau earphone sebaiknya mengatur volume smartphone.

Memang pengaturan volume dalam smartphone diperlukan ketika mengaktifkan fitur tertentu dalam smartphone, ukuran tingkat volume ketika mendengarkan musik tentu akan berbeda ketika kita melakukan panggilan telepon atau bermain games. Belum lagi ketika menonton video atau melakukan live streaming kebutuhan tingkat volume juga akan berbeda. Untuk smartphone seperti iPhone dan Android sudah melakukan notifikasi peringatan pembatasan volume ketika membesarkan volume smartphone lebih dari ketentuan.

volume smartphone musikKhusus untuk smartphone Android, pengaturan volume suara terus berkembang menjadi lebih baik. Untuk update sistem operasi Android Lollipop telah menyedian pengubahan pengaturan volume yang di desain lebih fleksibel dan mudah. Sedangkan untuk sistem operasi Android terbaru yaitu Marshmallow lebih bagus lagi. Menurunkan volume hingga batas angka nol dengan tombol volume akan membuat smartphone masuk ke ‘quite mode’ dan menekan tombol panah suara akan menurunkan semua pengaturan volume smartphone.

Menekan tombol “do not disturb” pada tampilan quick menu akan membuat smartphone menjadi silent sepenuhnya, alarm saja atau Priority Mode pada Lollipop. Jadi meskipun di silent tetap akan menerima informasi notifikasi dari event, aplikasi dan kontak. Namun untuk pengaturan volume yang spesifik akan tetap membutuhkan aplikasi pihak ketiga dimana kita bisa melakukan beberapa pengaturan khusus seperti tingkat volume suara untuk berbagai aplikasi tertentu yang membutuhkan tingkat semburan suara berbeda-beda.

Misalnya jika kalian ingin menonaktifkan notifikasi WhatsApp dan BBM namun ketika menjalankan Streaming Musik dan Video kualitas suaranya tetap nyaman dan normal. Untuk menerapkan kemampuan ini dibutuhkan aplikasi pengatur suara dari pihak ketiga yaitu App Volume Control. Aplikasi ini tersedia dalam versi berbayar seharga $0.99 dan gratis dengan iklan.

volume smartphone musikKetika berhasil masuk ke menu pengaturan utilitas maka kita bisa mengatur tingkap volume yang berbeda untuk berbagai fitur dan aplikasi yang terinstal dalam smartphone seperti media, ringtone, alarm, notifikasi dan sistem volume yang bisa kita atur sendiri, jadi kita bisa membuat smartphone silent ketika sedang menonton film di Netflix.

App Volume Control bekerja sesuai dengan aplikasi yang kita jalankan dan mengatur tingkatan volume sesuai dengan pengaturan yang telah kita buat secara otomatis. Pengaturan volume smartphone awal juga bisa kita kembalikan lagi ketika aplikasi di tutup dan menerapkan pengaturan volume baru yang sudah dibuat. Dengan menginstal aplikasi pengatur volume ini juga memungkinkan kita untuk mengatur volume secara manual dari dalam aplikasi yang terinstal dalam smartphone dan mengambil alih pangaturan suara yang ada dalam smartphone.