ArenaLTE.com – Google Play Store Android menjadi pusat tempat para pengguna Android mendapatkan beragam konten menarik. Games, Aplikasi, buku hingga film bisa kita dapatkan melalui Google Play Store Android.

Ada jutaan aplikasi dan games di Google Play Store Android yang bisa kita instal baik secara gratis maupun berbayar. Proses pembelian juga semakin mudah melalui mekanisme potong pulsa konten yang kita inginkan dari Google Play Store Android sudah dapat kita miliki.

Namun tahukah kalian, ada banyak rahasia tersembunyi di Google Play Store Android yang jarang kita ketahui. Berikut ini kami pilihkan tips dan trik mengotimalkan penggunaan Google Play Store Android.

  1. Install aplikasi yang belum resmi tersedia di Indonesia

Tips dan Trik Google Play Store AndroidAplikasi dan games yang diluncurkan di negara lain terlebih dahulu sebelum Indonesia ternyata bisa kita instal melalui Google Play Store Android. Atau bahkan aplilkasi dan games yang dibuat hanya untuk negara tertentu saja bukan untuk Indonesia juga bisa kita instal. Caranya sederhana, yaitu dengan menggunakan aplikasi pengubah VPN yang banyak tersedia, salah satunya aplikasi yang bernama Shellfire VPN. Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan manipulasi lokasi kita, seolah-olah kita sedag berada di negara lain sesuai dengan yang kita inginkan.

  1. Memunculkan halaman rahasia Aplikasi dan games Android terbaik

Tips dan Trik Google Play Store AndroidAda sebuah halaman rahasia di Google Play Android yang berisi daftar aplikasi terbaik versi Google Play Store. Agak mirip dengan fitur Top Charts, namun halaman ini khusus menampilkan aplikasi saja tanpa digabung dengan games favorite. Untuk memunculkan halaman ini secara permanen bisa dilakukan dengan mengintal aplikasi Apps – Play Store Link. Aplikasi ini akan secara otomatis menambahkan sebuah menu baru di Play Store yang menampilkan Top Charts dari aplikasi favorite Google Play Store Android.

  1. Mengatur daftar aplikasi dan games kita di Google Play Store

Tips dan Trik Google Play Store AndroidPada menu Google Play Store ada sebuah menu bernama ‘My apps & games’. Disini kita bisa melihat daftar aplikasi dan games yang kita download. Apakah membutuhkan update terbaru atau tidak, untuk melakukan update tekan tombol “Update All” dipojok kanan atas layar, dan jika kita memilih All section maka kita juga dapat melihat aplikasi yang sudah di uninstal, jika ingin menginstalnya kembali.

  1. Blokir Konten Dewasa Dengan Memasang fitur Parental Lock

Tips dan Trik Google Play Store AndroidJika kalian khawatir anggota keluarga atau anak kita mengunduh atau mendapatkan konten dewasa di Google Play Store Android, kita bisa mencegahnya dengan mengaktifkan fitur Parental Control. Caranya sangat mudah yaitu : Masuk ke menu > pilih Setting >  Parental Control > Masukkan kode PIN.

Selanjutnya tentukan pembatasan Apps & Games, dengan ini maka ketika anggota keluarga atau anak ingin mengunduh aplikasi diluar batasan, diharuskan untuk mengisi kode PIN yang telah kita buat.

  1. Tarik kembali pembayaran pembelian aplikasi di Google Play Store Android

Tips dan Trik Google Play Store AndroidKita bisa menarik kembali pembayaran yang kita lakukan untuk aplikasi dan games yang kita lakukan jika aplikasi dan games berbayar yang telah kita beli dan install ternyata tidak cocok. Tapi hal ini hanya bisa dilakukan selama dua jam setelah proses pembelian aplikasi tersebut.

Akan banyak cukup waktu bagi kita untuk mencoba terlebih dahulu aplikasi dan games yang kita beli apakah sesuai dengan harganya atau tidak.

Ketika pembelian berhasil dilakukan akan muncul pilihan “install atau open” dan pilihan menu tarik uang kembali (refund) akan muncul di sisi kiri dari pilihan menu tersebut. Pilih tombol “refund” jika belum lebih dari dua jam maka uang kita akan kembali.

  1. Kunjungi Halaman “Indie Corner”

Tips dan Trik Google Play Store AndroidDeveloper aplikasi dan games menjadi faktor penting bagi tumbuhnya ekosistem aplikasi dan games Android. Oleh karena itu untuk mendukung para startup baru yang sedang mencoba memasarkan aplikasi dan games terbaru buatan mereka, Google Play Store Android menyediakan halaman khusus “indie corner” yang akan menampilkan game dan aplikasi terbaru setiap bulannya.

  1. Pencarian lebih cepat dengan keyword khusus

Tak perlu lagi repot-repot mencari aplikasi yang sesuai dengan nama yang sedang kita cari. Cukup tambahkan tanda petik (“) di awal dan akhir keyword pencarian untuk menampilkan hasil pencarian lebih tepat. Sedangkan jika kita ingin mencari segala aplikasi maupun game dari sebuah developer tertentu saja bisa dilakukan dengan cara : mengetikkan tambahan awalan kata pub: tulisannya menjadi pub:nama developer. Dengan awalan pub: tersebut, kita akan disuguhkan semua aplikasi dan game yang pernah di-publish oleh developer tersebut.