ArenaLTE.com – Apakah kalian tahu jika sebuah smartphone Android memiliki Safe Mode (Mode Aman) yang rahasia? Jika yang kalian pikir seperti safe mode di OS Windows, fitur ini memang serupa. Fitur Safe Mode Android ini merupakan versi dasar dari sistem operasi Android. Jadi hanya akan mengaktifkan fungsi dan sistem dasar Android yang penting dan utama saja.

Kendala yang tidak kita inginkan sering terjadi di smartphone Android kesayangan kita, misalnya tiba-tiba restart sendiri atau kesulitan untuk masuk ke menu utama hingga tiba-tiba hang atau crash. Salah satu cara untuk mengatais kendala ini yaitu dengan mengakses Safe Mode Android.

Ketika kita menjalankan Safe Mode Android, tampilan dan fungsi dari Android terlihat sama persis dan tidak ada perbedaan. Hanya saja pada tampilan layar akan terlihat tulisan Safe Mode di area pojok kiri bagian bawah.

Fungsi dari Safe Mode Android ini untuk melakukan diagnosis atau melacak kinerja sistem operasi. Semua aplikasi yang terinstal tidak akan berfungsi dalam safe mode Android ini. Sehingga memungkinkan kita untuk memeriksa aplikasi yang sudah diinstal apa sajakah yang mengganggu kinerja smartphone jika memang mengalami kendala. Jadi jika ada aplikasi yang menganggu, bisa langsung uninstall dalam fitur Safe Mode Android ini. Kita dapat melakukannya dengan masuk ke menu Settings > Apps dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.

safe mode android

Cara mengaktifkan Safe Mode Android

Ada perbedaan cara merestart ponsel android antara versi 4.1 ke atas dengan versi 4.0 ke bawah. Untuk versi Android 4.1 ke atas:

  • Tekan dan tahan tombol power hingga muncul pop up
  • Dalam menu yang ditampilkan, tahan menu pilihan Power Off hingga muncul pop up lain
  • Tap OK untuk reboot ke Safe Mode (Mode Aman), dan sekarang kita telah masuk ke Safe Mode

Untuk versi Android 4.0 ke bawah:

  • Matikan smartphone Android
  • Lalu tahan tombol power pada smartphone
  • Ketika melihat logo boot pada layar, tahan tombol Volume Up dan Volume Down secara bersamaan hingga booting selesai, dan sekarang kita telah masuk ke menu Safe Mode.

Untuk kembali kepada mode normal, cukup lakukan restart dengan cara seperti biasanya: tekan tombol power, kemudian matikan smartphone dan nyalakan kembali. Smartphone Android akan muncul kembali pada mode normal secara otomatis.

Semua aplikasi dan pengaturan pada ponsel akan kembali normal. Namun sayangnya kita harus login kembali untuk dapat mengakses beberapa aplikasi pihak ketiga yang telah kita instal termasuk aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Dropbox, kita harus melakukan login dari awal.