ArenaLTE.com –Kalau kalian sering berkutat dengan masalah performa di perangkat Android atau kerap terganggu aktivitas aplikasi yang menyedot baterai, berarti kita senasib. Mungkin sudah saatnya mengintip aplikasi apa saja yang tengah ‘sibuk’ bekerja di background dan menjadi biang keladi masalah. Tips yang dikutip dari digitaltrends ini setidaknya bisa membantu mempercepat kinerja Android.

Patut diketahui jika mayoritas aplikasi Android selalu bekerja di background untuk menjalankan pekerjaannya masing-masing. Android cukup pintar berpindah secara otomatis supaya performa tetap lancar, jadi kita pun tidak boleh sembarangan ‘mengganggu’ aktivitas tersebut alias harus berhati-hati dalam memilah-milah yang perlu dan tak perlu. Jadi kinerja Android bisa diperbaiki tanpa kena masalah tambahan.

aplikasi dan games mobile ndroid

  1. Cek pemakaian baterai

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memperbaiki kinerja Android adalah dengan memantau pemakaian baterai dalam ponsel Android kita.

Masuk ke Settings > Battery > Battery usage.

Kalian akan menemukan Screen di posisi teratas kemudian di bawahnya list aplikasi Google. Cari aplikasi atau game yang kira-kira menyedot baterai besar. Kalau memang ada yang tak wajar, matikan saja.

  1. Cek Running Services atau Process Statistics

Kalian bisa melihat aplikasi atau fitur apa yang sedang berjalan saat ini dengan masuk ke developer option di ponsel. Untuk memantau masalah apa yang mengganggu kinerja Android.

Masuk ke Settings > About device > Software info  dan ketuk Build number tujuh kali untuk masuk ke opsi Developer. Akan muncul pesan pop-up:  ‘you are now a developer’.

Masuk ke Settings > Developer options dan cari Running services atau Process statistics (tergantung versi Android yang kalian punya).

Dengan Running services di Android 6.0 Marshmallow ke atas kalian akan bisa memantau status RAM dengan detilnya. Sementara dalam versi Android versi yang lebih rendah akan terlihat daftar aplikasi dan persentase aktivitas mereka di background. Saat kalian klik akan muncul detilnya.

Cari aplikasi yang tingkat aktivitasnya sangat tinggi dan mencurigakan. Misalnya aplikasi yang tak pernah dipakai tapi persentasenya tinggi. Mungkin itulah yang selama ini mengganggu kinerja Android. Tapi cari aplikasi pihak ketiga atau bloatware saja ya, jangan sampai mengganggu aplikasi atau fitur bawaan dalam sistem.

  1. Cara Menyetop Sementara Aplikasi di Background

Ada beberapa cara untuk menyetop aplikasi yang tengah berjalan di background. Mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah kita dan memperbaiki kinerja Android. Tapi ingat begitu kalian membuka kembali aplikasi tersebut atau ada fitur lain yang mengaksesnya, proses di background bakal bekerja lagi.

Ketuk tombol Recent apps di ponsel dan pilih X. Atau sapukan aplikasi terkait ke samping untuk menyetop sementara.

Kalau kalian punya Android 6.0, masuk ke Settings > Developer options > Running services, ketuk aplikasi aktif dan pilih stop. Akan muncul peringatan kalau aplikasi bersangkutan tidak bisa distop secara aman.

Untuk versi lebih lawas, masuk ke Settings > Developer options > Process statistics, ketuk aplikasi aktif dan pilih Force stop.

Pada semua versi Android, kalian bisa masuk ke Settings > Apps atau Settings > Applications > Application manager, dan ketuk aplikasi terkait dan ketuk Force stop.

  1. Cara Menyetop Aplikasi di Background Secara Permanen

Kalau kalian ingin menyetop aplikasi yang berjalan di background dan memastikan tak akan memakainya lagi berikut ada cara mudah.

Masuk ke Settings > Apps atau Settings > Applications > Application manager , ketuk aplikasi yang bermasalah dan pilih Uninstall. Tapi kalau aplikasi bersangkutan merupakan bawaan dari ponsel, kalian bisa memilih Disable.

  1. Apa lagi yang bisa dilakukan?

Ada hal lain yang bisa dicoba untuk mengatasi aplikasi bermasalah. Coba masuk ke Settings > Data usage > Background data dan kalian bisa menghentikan aplikasi dari pemakaian layanan data atau melakukan sync di background. Tapi aplikasi ini tetap bisa memakai Wi-Fi saat tersedia.

Kalau kalian memakai Android 6.0 Marshmallow ke atas, pilih Settings > Privacy and safety > App permissions. Cek saja permission yang diberikan seperti Location dan putuskan sendiri apakah aplikasi tersebut membutuhkannya.