ArenaLTE.com –  Apakah Anda pengguna modem WiFi (MiFi)? Bila ya pasti Anda tentu tahu bahwa semakin dekat keberadaan gadget dengan modem, maka kualitas koneksi data bakal semakin baik. Namun karena di sini yang berlaku ‘hukum’ wireless, bisa saja muncul anomali. Semisal meski jarak antara modem dan gadget relatif dekat, tapi kualitas sinyal WiFi lemah.

Setelah ditelusuri ternyata si empunya MiFi tinggal di apartmenen yang padat sekat-sekat tembok antar ruangan. Logikanya kualitas sinyal WiFi masih bisa optimal sampai jarak 32 meteran.

Dalam kondisi diatas, meski MiFi Anda punya kemampuan 4G LTE-A sekalipun, maka tidak akan bisa punya kinerja maksimal. Sengkarut masalah persinyalan sejatinya bisa diatasi dengan bertanya ke pihak operator, pasalnya treatment sebarannya sinyal berbeda antar operator pada suatu wilayah. Nah, situs Irishtimes.com (23/10/2016) punya beberapa tips menarik yang layaknya Anda perhatikan.mifi

1. Pindahkan hub wifi Anda:
Ini mungkin terdengar sederhana namun memindahkan hub WiFi dapat memiliki dampak besar pada kualitas sinyal. Bisa saja posisi modem terdahulu berada di lokasi yang kurang tepat, semisal di belakang layar TV atau dibalik tembok, itu semua akan berpengaruh pada kualitas sinyal. Sederhananya peralatan WiFi akan lebih baik bila berada di ruang terbuka, tidak terselip di sudut, atau tidak di samping dinding atau penghalang lainnya. Keberadaan ponsel dan TC bisa mempengaruhi sinyal Anda.

2. Ubah Saluran
WiFi hub pada modem memiliki saluran yang dapat Anda ubah melalui pengaturan admin router, biasanya diakses dengan mengetik 192.168.0.1 ke address bar pada browser. Anda dapat mengubah saluran pada WiFi sampai menemukan yang terbaik untuk – yaitu tidak terlalu default.

3. Ubah Frekuensi
Kebanyakan hub wfi modern menawarkan frekuensi 2.4 Ghz dan band 5GHz yang digunakan secara bersamaan, sehingga ada kemungkinan Anda sudah terhubung dengan baik di masa lalu tanpa memperhatikan. Band 2.4Ghz jadi yang paling umum digunakan dengan jangkauan yang lebih panjang dan kompatibel dengan lebih banyak produk. Tapi di 2.4 Ghz artinya saluran menjadi lebih padat dan rentan terhadap gangguan. Jika Anda beralih ke saluran 5 GHz, beberapa gangguan akan hilang, dan juga memberikan kecepatan lebih cepat.

Yang perlu diingat tidak semua hub WiFi akan memiliki kemampuan 5GHz, dan tidak semua perangkat akan terhubung ke frekuensi 5GHz. Beberapa perangkat WiFi pada peralatan rumah hanya akan terhubung ke 2.4Ghz – sehingga Anda dapat menemukan satu atau dua perangkat yang tidak akan bekerja di jalur tersebut

4. Upgrade Modem WiFi
Berapa umur peralatan WiFi Anda? Dan bagaimana kemampuan perangkat Anda agar dapat terkoneksi ke jaringan WiFi? Bila Anda mempunya perangkat modem WiFi dengan standar 802.11n atau 802.11ac tentu akan lebih cepat dari versi 802.11a, b atau g.