ArenaLTE.com – Windows 10 memang memiliki tampilan yang lebih modern dan cantik, beberapa perubahan visual diungkapkan banyak pengguna berbeda dari versi sebelumnya. Namun sayangnya, tampilan tersebut tidak serta merta membuat banyak pengguna suka akan fungsi yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah ikon notifikasi volume, berikut tips mengubah ikon tersebut untuk menjadi menarik dan fungsionalis.

Seperti dilansir dari laman Wonder How To, Selasa (24/11/2015), Fungsionalitas  dan tampilan yang mendatar menjadi salah satu alasan banyak pengguna tidak menyukai tampilan notifikasi volume di Windows 10. Tampilan volume dalam Windows 7 maupun 8 diungkapkan masih lebih baik, meski tidak terlihat transparan fungsi namun kontrol dan sistem deteksinya lebih diminati banyak pengguna.

Dan jika Anda adalah salah satu pengguna yang tidak menyukai akan tampilan notifikasi volume dalam Windows 10 tersebut, dan menginginkan mengubahnya. Simak berikut tips mengubah ikon notifikasi volume dalam Windows 10 menjadi tampilan jadul yang lebih fungsionalis.

Open Registry File

Tips Ubah Ikon

Pertama yang harus pengguna lakukan untuk mengubah tampilan tersebut adalah dengan mengganti kode registry editor. Untuk memasuki menu resgitry di Windows 10, pengguna cukup mengaksesnya dengan menekan keyboard Windows+R, kemudian ketikkan perintah ‘regedit’ dan tekan enter.

Let’s in File

Tips 2

Setelah bisa mengakses lokasi file registry, pengguna akan disajikan banyak menu register sistem. Setiap menu register tersebut memiliki banyak fungsi, sehingga pastikan pengguna untuk masuk dalam lokasi file yang tepat. Untuk mengubah notifikasi volume tersebut, pengguna bisa mengakses melalui menu register: HKEY_LOCAL_MACHINE / SOFTWARE / Microsoft / Windows NT / CurrentVersion / MTCUVC /

Change File

Tips 3 Tips 3_1

Langkah ketiga yang perlu dilakukan pengguna untuk mengubah tampilan tersebut adalah mengubah file registry tersebut. Akses pada folder DWORD kemudian temukan file ‘EnableMTCUVC’ lanjutkan dengan mengklik double file tersebut, hingga masuk dalam menu edit. Masuk dalam kolom Value Data, kemudian ketikkan angka ‘0’ dan lanjut dengan mengaktifkan opsi dalam pilihan Hexadecimal, lalu klik OK.

Restart

Tips 4

 

Jika proses pengubahan file telah dilakukan dan berhasil, maka ikon notifikasi volume kemungkinan sudah berubah dalam tampilan lama. Namun, jika hal tersebut tidak ditemukan saat sudah melakukan perubahan file resgistry, maka pengguna bisa melakukan proses restart perangkat karena kemungkinan sistem belum mengakftikan ulang fungsi tersebut.