ArenaLTE.com – Selama bertahun-tahun, aplikasi Facebook untuk Android telah menjadi bagian penting dari jejeran aplikasi di dalam smartphone kita. Hampir setiap tahun, smartphone terbaru lahir dengan kemampuan hardware yang lebih canggih, mengikuti perkembangan smartphone tersebut Facebook juga terus meningkatkan aplikasi nya dengan update terbaru yang semakin menguras kinerja smartphone.

Jika kalian ingin mencoba merasakan kinerja smartphone yang lebih cepat, tidak ada salahnya coba lakukan uninstal aplikasi Facebook dalam smartphone kalian. Dan akan terasa perbedaan yang cukup mencolok dari kinerja smartphone yang semakin terasa cepat, berikut ini beberapa alasaan penting kenapa kita harus segera uninstal aplikasi Facebook sekarang.

1. Aplikasi Facebook Menguras Kinerja Smartphone

Sudah menjadi rahasia umum, aplikasi Facebook kini menjadi sebuah aplikasi yang berukuran sangat besar dan menguras memori juga kinerja smartphone. Untuk smartphone keluaran lama, menjalankan aplikasi ini akan membutuhkan waktu loading yang cukup lama, Konsumsi RAM juga sangat besar jika dibandingkan dengan aplikasi lain bahkan membuka news feed dan melihat-melihat update status apalagi menjalankan video posting otomatis akan sangat menguras kuota data internet.

Banyak juga isu yang muncul tentang borosnya konsumsi baterai smartphone ketika menggunakan aplikasi ini karena untuk mengoperasikan aplikasi Facebook yang kompleks membutuhkan energi baterai yang banyak. Kalian akan bisa merasakan perbedaan yang signifikan dari daya tahan baterai yang semakin awet setelah melakukan uninstal aplikasi Facebook.

Bagi beberapa pengguna Android, Facebook menjadi aplikasi penting yang harus ada di dalam smartphonenya, jadi menurunnya kinerja smartphone dan baterai masih bisa dimaklumi.

2. Akses Facebook Mobile Juga Bagus

Sebenarnya ada alternatif lain untuk mengakses Facebok . Ya kita tetap bisa menguninstal aplikasi Facebook tanpa harus khawatir kehilangan akses terhadap facebook milik kita. Lalu bagaimana cara kita mengakses Facebook tanpa menggunakan aplikasi? Yaitu menggunakan Facebook mobile. Yaitu menggunakan browser seperti Google Chrome, Opera, Firefox atau browser lainnya untuk mengakses Facebook.

Mengakses Facebook dengan cara ini juga menawarkan beberapa hal menarik yang belum kita ketahui, pertama ketika akan masuk ke Facebook, Chrome akan menanyakan apakah kita ingin menerima pemberitahuan push langsung dari Facebook atau tidak. Jika kita menyetujui pemberitahuan push langsung, maka kita akan terus diberitahukan update mengenai semua momen yang terjadi di akun Facebook kita (seperti aplikasi Facebook) bahkan ketika kita sedang tidak menggunakan browser.

Desain Facebook mobile juga cukup rapi dan bagus. Proses loading juga sama cepatnya dengan aplikasi facebook, tampilan desain juga mirip bahkan menariknya video posting tidak autoplay jadibisa menghemat kuota data. Namun tetap ada perbedaan antara mengakses Facebook menggunakan browser dengan aplikasi langsung, ketika kita menggunakan browser ada beberapa fitur yang hilang seperti Instant Article dan auto like posting dan notifikasi yang muncul.

aplikasi facebook3. Kinerja Smartphone Meningkat

Baru-baru ini saya menghapus aplikasi Facebook dari smartphone Android saya, dan tidak menyesal melakukannya. Sejak saat itu saya menggunakan Facebook di Chrome dan selama pengujian saya, kinerja ponsel dan baterai terasa meningkat. Dan hidup terasa lebih tenang dan bisa istirahat tanpa harus sering terganggu dengan notifikasi yang sering muncul ke martphone.

Smartphone saya cukup jadul dengan dengan kapasitas baterai yang tidak terlalu besar, namun kini agak lebih awet dibandingkan sebelumnya, mungkin kalian akan bisa merasakannya sendiri setelah menguninstall Facebook. Dan gak ada salahnya mencoba kan? Jika memang tidak ada perubahan berarti dan benar-benar butuh aplikasi Facebook bisa menginstal ulang kembali dengan mudah dan gratis kok.

Dan jika kalian sudah mencoba trik ini dan menguninstal aplikasi Facebook apakah mengalami perbedaan yang berarti terhadap kinerja smartphone dan baterai? Silahkan beritahu kami dan berbagai pengalaman kalian disini.