ArenaLTE.com – Selama ini, bagaimana cara kalian menginstal aplikasi di smartphone Android? Cara umum yang paling lazim dilakukan untuk instal aplikasi Android yaitu masuk ke Aplikasi Google Play Store, cari aplikasi atau games yang diinginkan kemudian install.

Namun baru-baru ini, Google melakukan perubahan menarik bagi pengguna smartphone Android. Kini, kita bisa dengan mudah menginstal aplikasi atau games langsung kedalam smartphone Android melalui menu pencarian di Google Search tanpa harus membuka aplikasi Google Play Store.

Melakukan proses pencarian melalui Google Search memang sangat sering kita lakukan, dan sebelumnya ketika kita melakukan pencarian sebuah aplikasi atau games lewat smartphone melalui Google Search, maka pada hasil pencarian tersebut akan membawa kita membawa kita ke aplikasi Google Play Store dan proses instalasi baru bisa dilakukan.

Dengan penambahan fitur terbaru ini, pada hasil proses pencarian aplikasi atau games yang kita lakukan akan lansung muncul sebuah tombol install. Ketika kita melakukan klik pada tombol install tersebut, kita tidak akan lagi dibawa ke aplikasi Google Pkay Store, namun langsung menuju ke proses instalasi dengan memunculkan tampilan “request permission” yang harus kita “accept” dan langsung menjalankan proses intalasi.

instal aplikasi androidSama seperti eksperimen fitur Google sebelumnya, fitur baru instal aplikasi android ini masih dalam tahap ujicoba dan belum semua pengguna Android bisa menikmati fitur baru ini. Jika ingin mencobanya kalian bisa coba menjalankan aplikasi pencarian google lalu kemudian ketikkan nama aplikasi tau game yang diinginkan.

Jika proses intalasi bisa langsung berjalan tanpa membawa kita ke Google Play berarti fitur baru tersebut sudah aktif, bahkan pada beberapa smartphone Android terbaru yang menggunakan Android M akan muncul tampilan logo Google Play store sebelum proses intalasi langsung berjalan.

Fitur terbaru Google ini hanya terintegrasi pada proses pencarian menggunakan Google App bukan melalui browser Chrome dan lainnya. Seperti yang dilansir oleh Android Police, banyak pengguna yang sudah mulai menikmati fitur ini sejak bulan lalu, namun baru sekarang ini penampilan fitur ini semakin banyak terlihat pada pengguna smartphone Android. Dan jika lolos tes internal, maka fitur baru Google ini akan mulai beredar beberapa minggu atau beberapa bulan kedepan. Kita tunggu saja.