ArenaLTE.com – Mulai diperkenalkan sejak bulan Mei lalu di ajang Google I/O, kini aplikasi chatting Google Allo sudah resmi hadir. Pengguna bisa bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pemiliki iPhone.

Pesis sebulan setelah sebelumnya Google menghadirkan layanan video calling bernama Google Duo, kehadiran aplikasi chatting Google Allo menambah ramai pilihan layanan chatting yang bisa kita gunakan melalui smartphone.

Seperti yang dilansir dari blog resmi Google, aplikasi chatting ini dilengkapi dengan berbagai fitur baru yang menarik seperti smart prediction, smart reply, sticker dan emoji unik hingga private chat menggunakan incognito mode.

Google AlloFitur Google Allo

Yang membedakan Google Allo dengan aplikasi chatting lalinnya yaitu terintegrasi dengan Google Assistant. Sambil chatting kita bisa langsung mengakses berbagai informasi lain tanpa harus berpindah aplikasi, karena sudah terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya seperti menu search, Maps, Youtube dan Google translate.

Bahkan Google Assistant ini bisa kita ajak ngobrol untuk menanyakan berbagai hal penting dalam aktifitas kita misalnya mengetahui jadwal dan agenda hari ini, mencari foto dan lain sebagainya.

Tidak seperti Google Hangout, aplikasi chatting Google Allo ini tidak terkait dengan akun Google, Google Allo tekoneksi menggunakan nomor telepon penggunannya (mirip seperti WhatsApp) jadi kita bisa dengan mudah saling terkoneksi semua semua daftar phonebook dalam smartphone.

Google juga telah menambahkan beberapa fitur chatting menarik yang biasanya digunakan oleh pengguna seperti misalnya kini kita tak pelu lagi repot-repot menggunakan Tulisan dengan HURUF BESAR SEMUA yang biasanya identik dengan teriak bernada keras, aplikasi chatting Allo menyediakan sebuah slider kecil yang memungkinkan kita untuk memperbesar tulisan dengan otomatis.

Google AlloFitur lain yang dimiliki aplikasi chatting Allo yaitu prediksi kata yang muncul berdasarkan berbagai kata yang kita tulisakan sebelumnya ketika chatting. Fitur prediksi ini akan mempermudah kita saat chatting menggunakan Allo, termasuk tersedianya berbagai pilihan emoji dan sticker yang unik dan lucu. Prediksi kata ini juga semakin pintar karena bisa digunakan untuk komentar foto terhadap foto yang kita terima.

Mengirimkan foto juga bisa lebih variatif dengan fitur ‘ink’, dimana kita bisa memodifikasi foto dengan tambahan teks dan karakter unik dan lucu. Untuk urusan privasi, aplikasi chatting Allo ini memiliki fitur private chatt seperti layaknya menu Incognito di Google chrome. Chatting menggunakan mode ini akan dilindungi dengan end-to-end encryption.

Cara Install Google AlloGoogle Allo

  1. Jalankan Play Store di smartphone
  2. Kemudian lakukan pencarian Google Allo, Lalu install (pastikan developernya adalah Google karena ada beberapa aplikasi lain yang juga bernama Allo)
  3. Ketika menjalankan Google Allo pertama kali, kita akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang digunakan.
  4. Kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor handphone, lalu masukkan kode tersebut di aplikasi Google Allo
  5. Selanjutnya pilih gambar untuk profile, masukkan nama profil, lalu klik Next.

Cara memulai chatting Google Allo

Google AlloSeperti WhatsApp, Google Allo menggunakan nomor handphone, jadi jika dari daftar phonebook kita ada yang menggunakan Google Allo maka secara otomatis akan muncul di daftar kontak chatting Allo. Atau jika belum kita bisa mengirimkan undangan untuk chatting menggunakan Allo.

  1. Untuk memulai chatting klik tombol action pesan (tombol bulat dengan icon pesan di pojok kanan bawah)
  2. Kemudian masukkan nama kontak yang ingin kita ajak chatt di tab search atau scroll kebawah untuk memilih kontak yang ingin kita ajak chatting.
  3. Untuk memulai private chat (incognito chat) caranya hampir mirip yaitu dengan mengklik tombol action pesan kemudian pilih “Start incognito chat” kemudian cari nama kontak yang ingin kita ajak private chat.
  4. Pada Incognito chat kemudian klik icon timer untuk memilih durasi waktu expire dari chat incognito yang kita lakukan mulai dari 5 detik hingga 1 minggu.
  5. Sedangkan untuk mulai melakukan group chatt dengan Google Allo, klik tombol action pesan kemudian pilih “Start group chat”, masukkan nama-nama kontak yang ingin diajak ngobrol bareng kedalam grup, beri nama grup chatt dan avatar.

Download Google Allo gratis :
Google Play Store (pengguna Android)
AppStore (pengguna iOS)