ArenaLTE.com – Ponsel berjalan dalam berbagai frekuensi berbeda di setiap negara. Bahkan, dalam satu negara yang sama saja, frekuensinya kerap berbeda-beda. Antara lain karena jumlah operator yang banyak dengan dukungan teknologi bermacam-macam. Untuk jaringan 4G LTE saja, frekuensi yang disediakan operator berbeda-beda.

Nah, karena jaringan yang dipakai tak selalu sama dalam setiap ponsel, kadang-kadang kita bisa salah pilih kalau tidak teliti. Banyak yang kerap terkecoh saat memilih smartphone, karena handset yang dibeli itu ternyata tidak mendukung jaringan 4G LTE yang disediakan operator.

Buat yang kerap membeli ponsel secara online atau mereka yang gemar berburu barang dari luar negeri, akan lebih bijak rasanya jika mengecek terlebih dulu apakah frekuensi yang disediakan sesuai operator kita. Nah, berikut ada tips untuk mengecek apakah ponsel kompatibel dengan jaringan yang disediakan operator.4g-lte-logo

Cara ini sangat bermanfaat untuk mencocokkan antara jaringan 4G LTE yang dibenamkan dalam ponsel dengan frekuensi yang disediakan operator.  Sebenarnya tak hanya 4G LTE saja sih, karena kita juga bisa melihat ketersediaan layanan 2G dan 3G.

  1. Kunjungi situs willmyphonework.net. Situs ini bisa membantu kalian mencari ponsel yang cocok untuk negara kita. Atau minimal mengecek kecocokan frekuensi yang disediakan si ponsel dengan operator.
  2. Dalam situs ini akan muncul drop down menu yang berisi merek ponsel. Setelah memilih brand
  3. Beberapa model smartphone punya sub model berbeda. Ada drop down menu yang berisi sub model ponsel yang hendak kalian beli.
  4. Kalian bisa memilih negara untuk mengecek apakah cocok dengan ponsel yang hendak dibeli. Indonesia pun ada kok, lengkap dengan pilihan operatornya. Mulai dari XL, Tri, Telkomsel, Smartfren hingga Indosat.
  5. Setelah memilih negara, menu drop down akan menampikan pilihan operatornya.
  6. Setelah memilih operator maka klik tombol ‘search’. Hasil akhirnya akan menunjukkan jaringan yang disediakan operator apakah sesuai dengan frekuensi yang disediakan ponsel. Menariknya, kita bisa melihat kompatibilitas jaringan 4G LTE, 3G dan 2G lho.

Cara ini memang tidak selalu sukses, tapi sebagian besar hasilnya cukup relevan kok. Jadi setelah kalian mengecek dengan cara ini, konfirmasi ulang dengan melihat spesifikasi ponsel bersangkutan di beberapa situs yang kredibel. Mudah-mudahan bisa membantu.