ArenaLTE.com – Aplikasi pesan berbasis internet WhatsApp telah menjadi populer belakangan ini, bahkan perlahan-lahan aplikasi ini menjadi media obrolan yang paling diandalkan pengguna smartphone. Namun demikian, tentunya alasannya adalah karena fitur yang ada dalam aplikasi yang membuatnya cukup dikenal dengan cepat, seperti salah satunya emoji WhatsApp yang lebih kaya.

Seperti dilansir dari laman Phonearena, Selasa (8/12/2015), WhatsApps baru ini telah memperbaiki beberapa fitur terbarunya, seperti halnya Facebook Messenger maupun Viber yang bisa menambahkan plugin atau aplikasi tambahan dari luar. Berkat pembaruan fitur tersebut, aplikasi pesan ini akhirnya bisa memiliki banyak emoji baru yang lebih beragam.

Untuk hal ini, pengguna harus melakukan pemasangan plugin emoji tersebut setelah men-download dari link atau situs lain. Sistem pemasangan pun tidak merepotkan, karena WhatsApp sendiri akan melakukan pemasangan langsung setelah plugin emoji ini di dapatkan pengguna.

Baca artikel lengkap : Cara backup pesan chatting WhatsApp di Google Drive

Berikut cara menambahkan emoji WhatsApp yang lebih beragam ikon, di perangkat Android.

  1. Lakukan pemeriksaan versi aplikasi, pasalnya pemasangan plugin emoji baru bisa digunakan hanya dalam WhatsApp versi terbaru yang sudah masuk dalam nomor seri 2.12.367.
  2. Ubah pengaturan pengamanan perangkat Android, sehingga memungkinkannya memasang aplikasi dari luar PlayStore yang masih berbasis Apk.
  3. Jika perangkat pengguna masih terkunci atau menu ‘unknown source’ masih belum aktif, maka pengguna bisa mengaktifkannya terlebih dahulu. Pengaturan tersebut bisa diakses melalui menu ‘setting’ kemudian masuk ‘security’ lalu aktifkan ‘unknown source’ hingga tombol notif menu tersebut terlihat menyala aktif (biasanya berwarna hijau).
  4. Jika tiga tahap proses diatas telah selesai dilakukan pengguna, maka langkah selanjutnya pengguna bisa mendownload plugin emoji WhatsApp di link ini. (https://www.whatsapp.com/android/current/WhatsApp.apk )
  5. Setelah proses download selesai, pengguna bisa melakukan install plugin tersebut ke perangkat Android. Untuk menemukan file download, pengguna bisa mengakses file manager kemudian akses folder download dan cari aplikasi WhatsApp.apk
  6. Proses aplikasi biasanya akan meminta izin pengguna untuk mengakses sistem dalam perangkat, permintaan tersebut akan muncul saat proses instalasi berjalan. Saat langkah ini berlangsung, pengguna bisa memilih menu ‘lewati’ atau ‘lanjutkan’.
  7. Jika proses instalasi berjalan proses, maka pengguna bisa memeriksanya dengan menjalankan aplikasi. Namun, pada sebagian perangkat biasanya penulisan nama pengguna akan muncul kembali di tahap awal pemasangan.
  8. Pilih kontak chatting pengguna, kemudian akses ikon emoji WhatsApp dengan ikon kartunis di pojok kiri kolom teks. Pengguna akan melihat jajaran emoji baru bertambah, yang ditandai dengan semakin banyaknya tabulasi dalam emoji tersebut di kolom teks.