ArenaLTE.com – Apakah Anda memerlukan sebuah perangkat mikrofon nirkabel yang digunakan pada komputer, untuk sekadar membuat rekaman audio, voice chat, maupun test suara langsung? Tidak perlu repot harus membelinya karena bisa memanfaatkan smartphone Android yang Anda miliki. Hanya dengan beberapa langkah mudah, voila! Smartphone Anda sudah beralih fungsi menjadi mirkofon nirkabel yang bisa digunakan untuk karaoke dan sebagainya.

Bagaimana caranya? Berikut tips mengubah fungsi smartphone Android menjadi mikrofon nirkabel untuk komputer.

Langkah 1: Install aplikasi di perangkat Android

Sebenarnya aplikasi Mikrofon atau mic banyak versi dan ragam macamnya di toko aplikasi Google PlayStore. Namun kami merekomendasikan aplikasi WO Mic yang paling mudah dan tepat digunakan. Selain lebih mudah instalasinya, delay suara yang diberikannya pun cukup minim.

Namun perlu dicatat, aplikasi ini memang diberikan secara gratis tetapi konsekuensinya adalah keseringannya iklan muncul dalam halaman utama. Ada baiknya pengguna mendapatkan versi pro yang dibanderol sekira USD4 dengan fitur tambahan yang lebih baik.

Langkah 2: Install Program Client & Driver di notebook

Selain menginstall aplikasi pada smartphone maupun tablet Android, aplikasi ini juga sebaiknya diinstal pada notebook pengguna. Karena aplikasi akan menjadi penghubung antara smartphone dan notebook, karena didalamnya menyediakan koneksi via USB, Bluetooth, dan WiFi. Dapatkan aplikasi untuk Windows disini.

Langkah 3 : Jalankan Aplikasi

Setelah dua proses di atas dilalui, maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan perangkat dengan menjalankan aplikasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada tiga pilihan koneksi yang bisa dilakukan pengguna baik melalui Bluetooth, USB, maupun jalur koneksi WiFi.

Untuk menyambungkan perangkat, jalankan aplikasi pada perangkat Android dan disusul dengan masuk dalam menu setting untuk memilih koneksi yang ingin disambungkan. Sebagai saran, koneksi via WiFi lebih cepat terhubung dibanding dua koneksi lainnya yang ada.

Jika opsi WiFi dipilih, maka akan tampil halaman baru yang akan menampilkan informasi IP nomor untuk dipasangkan dalam aplikasi yang dijalankan di notebook. Kemudian tekan tombol start, yang ada pada halaman aplikasi. Selanjutny pengguna bisa beralih pada aplikasi client notebook.

Masuk pada menu connection di aplikasi WO Mic Client yang ada di notebook, kemudian pilih WiFi dan masukkan IP Address dalam kolom yang didapatkan dari pengaturan koneksi di aplikasi Android.

Selamat mencoba!