ArenaLTE.com – Mungkin jika Anda adalah seorang penjaga villa, lampu senter tangan akan selalu berada di tangan. Hal ini tentu memudahkan dan sangat membantu, bahkan disaat terjadi pemadaman lampu. Namun sayangnya, hal itu hanya terjadi pada penunggu villa. Pun demikian, bukan berarti Anda tiak bisa melakukannya. Dengan kehadiran smartphone saat ini, hal tersebut bisa teratasi bahkan beragam cara unik untuk menyalakan lampu senter bisa dilakukan.

Aplikasi torch atau senter yang ada pada ponsel basis Android, tentu memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan oleh pengguna. Selain sebagai alat bantu dalam menerangi ruangan yang gelap, aplikasi juga bisa dimanfaatkan untuk penambahan cahaya dalam pengambilan foto. Namun tidak hanya memiliki fungsi, sistem pengaktifan aplikasi juga terbilang unik.

Berikut kami informasikan cara unik untuk menyalakan aplikasi lampu senter di Android.

Menekan Tombol Volume

Tak melulu dengan proses yang panjang, aplikasi Torchie memiliki akses yang cepat dan mudah dilakukan oleh pengguna ponsel untuk mengaktifkan lampu senter. Menerangi dengan jalan yang rumit, sepertinya bukan menjadi tagline pengembang karena aplikasi ini bisa dilakukan dengan hanya menekan tombol power pada perangkat.

torchie

Install aplikasi Torchie – Volume Button, kemudian jalankan aplikasi pertamanya dan pindahkan tombol enable pada aplikasi. Selanjutnya, masuk dalam menu setting dan aktifkan semua tombol yang ditandai dengan indikator lampu hijau menyala. Keluarkan aplikasi, kemudian tekan tombol volume.

Menggoyang Ponsel

Shake it atau mengoyang ponsel bisa menjadi cara unik untuk mengaktifkan aplikasi senter Shake Flashlight. Terlihat dari nama yang digunakan pengembang, sepertinya jelas bahwa mengaktifkan lampu senter yang memanfaatkan lampu LED flash kamera bisa dilakukan dengan mengguncang perangkat.

shake flashlight

Ada beragam pengaturan tingkat guncangan yang bisa dilakukan pengguna, lakukan pengaturan untuk penyesuaian guncangan tersebut. Hal tersebut bisa diatur dalam menu shake sensitivity, tentukan tingkat guncangan yang ditunjukkan dengan angka 1 hingga 10. Semakin besar angka yang diberikan, maka akan semakin besar guncangan yang dilakukan untuk mengaktifkan aplikasi Shake Flashlight.

Manfaatkan Widget

Keadaan gelap memang bisa terjadi kapan pun, bahkan saat pengguna sedang bermain game atau melakukan stalking status mantan di jejaring sosial. Namun demikian, pengguna tidak bisa berharap besar pada cahaya layar yang tetap menyala tersebut. Tetap aplikasi senter dibutuhkan untuk mendapatkan keterangan lebih, bahkan untuk beberapa titik fokus ruangan saja.

Flashlight Widget

Jika Anda dalam keadaan kondisi bermain ponsel atau sedang berakselerasi dengan gagdet, tentu hal yang paling nyaman dan cepat dilakukan dalam pengatifan aplikasi adalah tombol widget. Maka, aplikasi Flashlight WIdget bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik. Install aplikasi, kemudian jalankan dan tentukan ukuran widget untuk pengatiffannya di layar home screen pengguna.

Otomatis di Ruangan Gelap

Ambient LED Torch adalah salah satu cara unik yang cukup kami senangi, karena melalui aplikasi ini tidak perlu lagi otak-atik ponsel untuk sekedar menyalakan lampu senter saja. Aplikasi bisa diatur untuk mengenali ruangan gelap, kemudian akan menyala otomatis untuk menyinari ruangan yang ada.

Ambient LED

Namun sayangnya, aplikasi ini akan terlebih dahulu meminta diaktifkan sebelum menemukan ruangan gelap. Caranya pun sama mudahnya dengan aplikasi lain, pengguna cukup menginstall aplikasi kemudian mengaktifkannya. Pindahkan tombol menu enable ‘sensor’ pada layar kemudian biarkan aplikasi berjalan, maka setelah ruangan gelap dengan sendiri maka lampu LED flash ponsel akan otomatis menyala.

Jadikan Ikon di Notifikasi Bar

Selain widget, cara efektif kedua yang paling cepat dalam mengaktifkan lampu senter pada smartphone adalah dengan meletakkan sebagai ikon di jendelan notifikasi. Menggesser layar ponsel kearah bawah, akan menjadikan cara cepat dalam mengaktifkan aplikasi Custom Quick Setting.

Custom Quick Setting_

Sebenarnya aplikasi Custom Quick Setting tidak hanya untuk aplikasi lampu senter saja, karena aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur meletakkan beberapa ikon aplikasi yang dirasa penting di notifikasi bar. Hal tersebut tentunya untuk mempermudah pengguna untuk mengakses langsung aplikasi, sehingga tidak perlu lagi proses panjang untuk mencari aplikasi untuk sekedar menjalankannya.