ArenaLTE.com – Sudah berapa lama menggunakan smartphone Android? Apakah sudah mengeksplorasi keseluruhan fitur yang ditawarkan Android? Pasti belum. Ketika kita memilih smartphone Android, kita sebenarnya berharap banyak dari kecanggihan yang dimilikinya. Ada beberapa fitur rahasia Android yang bisa kita maksimalkan untuk mendukung pekerjaan dan aktifitas sehari-hari.

Namun sayangnya, sebagian besar pengguna Android hanya memanfaatkan smartphonenya untuk chatting, menelepon dan mengakses sosial media, itu saja! Sangat disayangkan, padahal sebenarnya didalam sebuah smartphone Android, banyak fitur canggih yang ditawarkan oleh Android sebagai fitur standar Android yang sudah ada di dalam smartphone kita.

Sebenarnya ada beberapa fitur rahasia Android yang yang tersimpan didalam smartphone, memang terkesan disembunyikan karena tidak terlalu dipromosikan keberadaannya. Namun untuk mengaktifkan fitur rahasia Android dibutuhkan ketelitian dan usaha lebih. Nah, berikut ini kami berikan 10 tips untuk menguak rahasia fitur Android yang jarang digunakan dan harus kita coba!

fitur rahasia androidAktifkan Deteksi Suara “OK Google”
Sudah tau tentang Google Now? Jika belum maka kalian harus mencobanya. Google Now ini merupakan asisten digital pribadi kita yang sudah ada didalam smartphone Android untuk memudahkan aktifitas kita dan mencari segala sesuatu yang kita butuhkan secara online. Cukup tanyakan segala hal yang kita ingin tahu kepada Google Now, dan dia akan menjawabnya dengan melakukan pencarian di internet.
Untuk memanggil asisten kita ini, layar smartphone tidak harus aktif, cukup katakan “OK Google” untuk membangunkan asisten kita tersebut lalu perintahkan apa yang kita butuhkan kepadanya. Untuk mengaktifkannya lakukan beberapa langkah berikut : Jalankan Google Now dan pilih menu setting. Dalam menu setting, pilih “Voice” lalu klik “OK Google detection”.

Memanfaatkan koneksi NFC
Android bukan satu-satunya platform yang mendukung NFC, namun menjadi perangkat pertama yang meyebarkan teknologi ini secara masif ke pasar dan Android juga yang berhasil memanfaatkan teknologi ini untuk teknologi komunikasi. Beberapa smartphone Android sudah dilengkapi dengan fitur NFC, dengan NFC kita bisa melakukan transfer file dengan cepat hanya dengan mendekatkan smartphone. Dengan NFC bisa melakukan koneksi antara smartphone dengan aksesoris, teknologi Android pay juga bisa befungsi dengan menafaatkan NFC ini.

Android Device Manager Fitur penyelamat
Pernah kehilangan smartphone? Kejadian menyedihkan ini dijamin dapat membuat trauma, apalagi jika ditangan orang jahat karena banyak sekali data pribadi yang sangat penting tersimpan dalam smartphone. Untuk mengantisipasi hal ini, Google menyediakan fitur Android Device Manager untuk menghapus dan mengunci smartphone secara otomatis ketika hilang melalui browser internet. Untuk mengaktifkan fitur standar bawaan Android ini sangat mudah, cukup masuk ke menu setting, security lalu pilih device administrators dan aktifkan Android Device Manager.

fitur rahasia androidMengatur Pengunci Layar
Selain mengamankan data dalam smartphone, ada baiknya kita juga mengunci smartphone ketika sedang tidak aktif. Pengunci smartphone atau yang dikenal dengan Lock Screen dalam Android umumnya tersedia beberapa pilihan metode yaitu menggunakan PIN, pattern atau password. Beberapa smartphone juga menawarkan metode lock screen lainnya seperti Face Unlock yang harus mendeteksi wajah untuk bisa membuka kuci smartphone ada juga yang menawarkan fingerprint scanner yaitu menggunakan deteksi sidik jadi untuk membuka kunci smartphone.

Menginstal aplikasi pihak ketiga
Dengan Android akan sangat mudah bagi kita untuk menginstal berbagai aplikasi pihak ketiga kedalamnya baik itu menggunakan file .apk, app market lain dan juga langsung dari Google Play Store. Namun untuk memperbolehkan smartphone menginstal aplikasi pihak ketiga ini, kita harus melakukan beberapa pengaturan dengan masuk ke menu setting, pilih security dan kemudian aktifkan pilihan opsi “Unknown sources”. Namun hati-hati karena menginstal aplikasi dari pihak ketiga cenderung berbahaya dan rentan terhadap malware penyusup.

Gunakan Smart Lock
Mengamankan smartphone memang utama? Namun faktor kenyamanan menggunakan smartphoen juga hal yang tak aklah penting. Inilah kenapa saya sangat menyukai fitur rahasia Android yang bernama SMART LOCK. Fitur ini memungkinkan kita untuk menerobos langsung fitur pengunci layar (lock screen security) ketika perangkat tersebut terkoneksi dengan perangkat lain seperti smart watch atau headset bluetooth yang sudah dikenalinya atau jika berada di lokasi tertentu seperti misalnya dirumah. Caranya cukup masuk ke menu settings, security kemudian pilih smart lock untuk melihat berbagai fitur yang ditawarkannya.

fitur rahasia androidManfaatkan launcher pihak ketiga
Bosan dengan tampilan standar smartphone Android? Sepertinya harus mencoba launcher pihak ketiga. Launcer pihak ketiga ini akan memberikan tampilan baru yang unik bagi smartphone Android kita dengan paket icon dan elemen lain yang unik karena launcher ini dapat mengubah tampilan dan sistem User interface sesuai dengan keinginan kita.

Desain Keyboard Berbeda
Bisa aja kita tetap bertahan dan terus menggunakan keyboard standar bawaan android yang ada. Namun sebenarnya banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang menwarkan desain keyboard berbeda yang unik dan sesuai dengan kepribadian kita. Bahkan beberapa aplikasi keyboard ini juga memiliki kemampuan unik seperti merekam kebiasaan mengetik kita, menyimpan kata yang sering kita gunakan bahkan mempercantik tampilan keyboard dengan skin menarik.