ArenaLTE.com – Kini semakin banyaknya hal yang kita lakukan melalui sebuah perangkat smartphone dalam genggaman kita, segala hal bisa kita lakukan secara online mulai dari dari berkerja hingga belajar juga mulai dari berkomunikasi hingga berlanja kebutuhan sehari-hari. Mengingat segala sesuatu bisa dilakukan secara online, maka faktor keamanan Android Security Online menjadi hal yang sangat penting dalam melindungi aktifitas online kita sehari-hari.

Seperti yang dilansir oleh situs resminya, Android menghadirkan berbagai mekanisme pertahanan dan keamanan melalui sistem Android Security Online untuk melindungi para penggunannya ketika mengakses internet. Meskipun bukan jaminan pasti bahwa beberapa langkah perlindungan Android Security online ini akan mengamankan aktifitas online kita dengan smartphone menjadi super aman, namun setidaknya dapat mencegah berbagai kemungkinan celah kejahatan online dengan beberapa langkah sederhana untuk meningkatkan Android Security Online.

Android Security Online (1)

1. Selalu gunakan Google Play Untuk medapatkan aplikasi yang aman

Google mengklaim telah melakukan berbagai kegiatan dibalik layar untuk terus melakukan review berbagai aplikasi sebelum emmutuskan untuk mempublikasikannya di Google Play, jadi sebelum kita menginstal aplikasi , Google telah menggunakan berbagai macam metode untuk memastikan developer pembuat aplikasi tersebut adalah benar dan terpercaya. Dan jika tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan Google akan menghapus dan memblokir aplikasi dan developernya, hal ini juga dilakukan jika aplikasi tersebut ternyata terindikasi merupakan sebauah program yang berbahaya maka tim Android Security akan memblokirnya.

  1. Mengatur Screen lock dan mengaktifkan Android Device Manager

Setiap pengguna smartphone Android bisa saja kehilangan smartphonenya, jadi sangat disarankan untuk melakukan penguncian smartphoen dengan set a screen lock caranya sangat mudah masuk ke menu > Settings > Security > Screen lock. Kita bisa memilih metode penguncian yang diinginkan baik itu berupa pattern, PIN atau password. Selian itu untuk meningkatkan Android Security Online pada smartphone juga kita harus mengaktifkan Android Device Manager, jadi kita bisa melakukan remote jarak jauh terhadap smartphone ketika hilang termasuk menguncinya hingga menghapus semua data didalamnya. Fitur ini sudah tersedia di semua Android kita cukup mengaktifkannnya.Android Security Online (2)Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik Untuk Maksimalkan Android

3. Memeriksa apakah smartphone kita ter-Enkripsi atau tidak

Proses enkripsi smartphone merupakan hal yang sangat penting bagi smartphone karena untuk melindungi data kita dengan menyimpannya dalam bentuk yang tidak terbaca. Jadi jika smartphone kita hilang atau ada seseorang yang berniat mencuri data dan informasi kita tetap akan terlindungi. Untuk memastikan bahwa smartphone kita ter-Enkripsi caranya masuk ke menu Setting >Security dan tekan Enkripsi (atau tablet Encrypt) di bawah Enkripsi. Sedangkan untuk perangkat Nexus terbaru, seperti Nexus 5X dan Nexus 6P, telahdienkripsi secara default.

  1. Mengatur Apps Permissions

Setiap aplikasi Android diletakkan dalam sebuah sandbox virtual. Kecuali Kita sudah memberikan ijin tambahan pada aplikasi tertentu maka, satu-satunya data aplikasi dapat digunakan adalah data yang ada di dalam sandbox tersebut. Misalnya, aplikasi yang kita install tidak dapat mengakses informasi seperti foto atau lokasi kita kecuali kita memperbolehkannya dan memberikan ijin. Pada smartphone yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow, kita bisa mengontrol hak akses aplikasi yang diberikan dengan melakukan pengaturan di menu Settings> Apps dan memilih aplikasi dari daftar aplikasi yang muncul. Pada layar Info aplikasi, kita bisa melihat berbagai kategori akses data yang kita ijinkan dari setia aplikasi tersebut, dan kita dapat mengaktifkan dan menonaktifkan nya.