ArenaLTE.com – Ada banyak sekali aplikasi di Google Play Store yang mengklaim sebagai aplikasi terbaik peningkat kinerja smartphone Android. Namun sebenarnya hanya beberapa saja yang benar-benar berfungsi baik dan mampu meningkatkan kinerja smartphone Android kita.

Aplikasi sejenis “task killer” menjadi salah satu yang mengklaim dapat meningkatkan kinerja smartphone Android kita, walau faktarnya tidak. Sebenarnya untuk meningkatkan kinerja smartphone Android yang kita miliki tidak hanya semudah menekan sebuah tombol saja, lalu kemudian performa akan meningkat drastis. Tidak semudah itu, namun kita berhasil melakukan riset dan ujicoba terhadap beberapa aplikasi yang memang benar-benar mampu meningkatkan kinerja smartphone Android kita. Kita pilihkan 3 buah aplikasi terbaik yang dapat meningkatkan kinerja smartphone Android, di antaranya yaitu:

Greenify: Pengatur Smartphone Android

Aplikasi GreenifyAplikasi Greenify mampu membuat smartphone Android kita berada dalam status hibernasi untuk mengurangi beberapa proses aplikasi yang bekerja secara background. Status hibernasi ini secara menyeluruh smartphone benar-benar istirahat tanpa ada proses kinerja lain yang tak telihat (proses background). Proses hibernasi ini dapat menghentikan proses aplikasi yang aktif secara beckground seperti task, alarm, updating widget, push message dan proses lainnya.

Greenify berkerja secara simple dan efektif namun sayangnya semua aplikasi background banar-benar dihentikan bahkan termasuk alarm yang kadang masih kita butuhkan sebagai pengingat juga menjadi tidak berfungsi.

Salah satu keunggulan dari aplikasi Greenify ini mirip dengan fitur Android Marshmallow, namun dapat bekerja dengan sistem operasi Android versi dibawahnya. Dan keunggulan lain yang dimiliki oleh Greenify ini yaitu bisa didownload secara gratis, dan terbaik dari 3 aplikasi lain yang kita bahas disini. Download gratis aplikasi Greenify.


SD Maid: Tools Defrag Smartphone Android

Aplikasi Smartphone AndroidSalah satu aplikasi terbaik peningkat kinerja smartphone Android yaitu SD Maid. Developerpembuat aplikasi ini menyebutkan pada halaman info di Google Play store bahwa penggunaan aplikasi SD Maid ini bahwa segala resiko atas penggunaan aplikasi ini menjadi tanggung jawab pengguna. Dan hal ini menjadi alasan yang bagus bahwa aplikasi SD Maid sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone Android.

Tidak hanya sekadar menghentikan aplikasi yang aktif secara bacground dan berbagai proses aplikasi yang tak terlihat lainnya seperti aplikasi Greenfy, SD Maid ini lebih menekankan pada pembersihan file-file tidak penting dalam smartphone. Biasanya ketika kita menginstal atau menguninstal aplikasi kedalam smartphone akan tersisa berberapa file tidak penting, file inilah yang kana dibersihkan oleh SD Maid. Kesamaan dengan Greenfy yaitu aplikasi SD Maid akan membuat kinerja smartphone lebih lancar dan menghentikan gangguan atas kinerja smartphone dari file-file pengganggu.

Aplikasi SD Maid akan menjelajah semua isi smartphone dan melacak semua file dan folder yang tidak berguna dan tidak kita ketahui untuk kemudian membersihkannya. Fungsi ini mirip dengan fungsi defrag pada windows namun SD maid khusus diperuntukkan bagi smartphoen Android. Download gratis aplikasi SD Maid.


Android Assistant: Perbaiki Dengan Satu Klik

Aplikasi smartphone AndroidYang terakhir sebagai aplikasi terbaik peningkat kinerja smartphone Android yaitu Android Assistant. Sesuai dengan namanya, aplikasi Android Assistant ini mrupakan sebuah tool monitoring sistem proses smartphone Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang membuat kita mampu mengendalikan semua proses yang sedang berlangsung dan sedang berjalan di dalam sistem kinerja Android. Termasuk pengendalian dan pengawasan kinerja CPU, RAM, ROM, SD card, baterai dan lain sebagainya.

Aplikasi Android Assistant dapat mengendalikan proses, menghapus cache, menghemat baterai dan pengaturan file. Aplikasi ini juga menawarkan fitur penting yang dapat meningkatkan kinerja smartphone Android hanya dengan satu menekan tombol (one-click boost) untuk mempercepat proses kinerja aplikasi smartphone. Download gratis Aplikasi Assistant Android.