ArenaLTE.com – Sebagai vendor jaringan ZTE tak melulu disibukan dengan urusan pengembangan perangkat dan aplikasi yang berkaitan dengan dunia seluler. Sebagai bagian dari end to end solution yang ditawarkan ke klien, ZTE belum lama ini telah meluncurkan produk mHealth. mHealth ditawarkan dalam wujud terminal dengan paket home edition dan profesional.

Dalam skenarionya ZTE mHealth menghubungkan tubuh manusia dengan perangkat elektronik lewat teknologi Intenet of Things (IoT) dan menawarkan perawatan medis yang tepat untuk pencegahan pada bahaya penyakit kronis yang akan terus meningkat seiring pertambahan usia manusia.

Dari sisi terminal atau perangkat, ZTE mengembangkan sendiri perangkat yang menjadi multi parameter untuk mengumpulkan data kesehatan, dan sekaligus berperan sebagai ‘dokter keluarga’ yang setia mendampingi Anda. Pada terminal mHealt sudah terintegrasi fungsi pengukuran tekanan darah, EKG (electrocardiogram), saturasi oksigen dalam darah, tes urine, dan pemantauan aktivasi saraf aktif yang bekerja di background.

Oleh ZTE, mHealth telah dibungkus dalam platform IoT, ini bisa dilihat dari penerapan teknologi cloud and devics. Dengan basis cloud dan aplikasi, maka pengguna dapat membandingkan data kesehatan mereka dalam beberapa kali pemeriksaaan kesehatam sebelumnya. Dengan basis cloud dan dukungan data center, setia dokumentasi digital diarsipkan di data center. Sistem yang ditawarkan dari mHealth juga memungkinkan bagi dokter dan tenaga kesehatan untuk mengunggah informasi kesehatan meluaui jalur nirkabel ke fasilitas cloud storage. Ini artinya, warga dan pasien pemilik otoritas dapat memperoleh jasa manajemen kesehatan, sehingga secara simultan pasien dapat menilai kondisi kesehatan mereka. Dokter pribadi pun dalam situasi tertentu dapat menganalisa penyakit dan memgambil tindakan saran dari jarak jauh.

Perangkat terminal dan solusi mHealth ZTE telah memperoleh sertifikasi internasional dan lisensi untuk penjualan. Dikutip dari siaran pers ZTE (15/3/2016) dibandingkan dengan alat uji medis tradisional, terminal kesehatan ZTE terbilang ringan, mudah dibawa dan langsung dapat memberikan petunjuk pribadi dan panduan kesehatan ke penggunanya. Dibandingkan dengan perangkat elektronik yang ada dengan fungsi yang sama, terminal kesehatan ZTE menyediakan informasi lebih akurat dan hasil pengukuran yang stabil dan kecepatan transmisi lebih cepat.

Sejak diluncurkan di ajang CeBIT di kota Hanover, Jerman pada bulan Maret 2016, sampai saat ini solusi mHealth telah digunakan oleh lebih dari tiga juta orang di Cina, dan kabarnya mHealth juga mulai mendapat perhatian dari dari klien domestik dan luar negeri. ZTE kini telah membangun platform informasi medis regional untuk klien di selurun dunia, termasuk di Tiongkok, Amerika Latin dan Tanzania.