ArenaLTE.com – ZTE memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) bakal menjadi faktor krusial dalam perkembangan teknologi di masa mendatang. Bahkan, bos ZTE memprediksi jika IoT akan membawa Revolusi Industri Keempat. ZTE pun mengurai rencana untuk membantu industri menuju era tersebut.

Presiden Direktur ZTE, Zhao Xianming dalam perhelatan MWC Shanghai 2016 belum lama ini menyampaikan dasar utama pemikirannya. Zhao juga berbagi visi ZTE mengenai bagaimana IoT akan membawa Revolusi Industri Keempat dan merevolusi masyarakat dalam pekerjaan dan kehidupan.

Ia takjub dengan kemajuan yang dimungkinkan melalui adanya IoT dan tantangan yang harus dihadapi di masa yang akan datang. “Tantangan-tantangan ini meliputi kesulitan terhadap infrastruktur jaringan dan mode akses, kebutuhan untuk mengakomodasi pertumbuhan jaringan eksponensial dan persyaratan yang beragam mengenai delay, bandwith dan keandalan.

Lebih jauh, Zhao mengurai rencana ZTE untuk membantu industri mengatasi hambatan tersebut melalui penyebaran solusi inovatif termasuk 5G. “IoT telah menciptakan kemajuan yang signifikan di bidang manufaktur, smart cities, transportasi dan smart homes. Berbagai aplikasi Internet of Things yang inovatif akan segera hadir. Kami berada dalam revolusi IoT baru yang kuat, revolusi diaktifkan dalam bisnis dan kehidupan masyarakat global. Seluruh bagian rantai industri memiliki sebuah kolaborasi, aturan kerjasama untuk bermain dalam mempromosikan perkembangan industri IoT yang sehat.”

Seiring dengan perkembangan industri terbaru, ZTE pun mengepakkan sayap dan melakukan banyak hal. Antara lain membuka jalan 5G bermitra dengan China Mobile. Membuat penandatanganan “5G Memorandum of Understanding” dengan Telefonica. Melakukan kemitraan dengan China Telecom untuk platform Internet of Things dan lain-lain.

Booth ZTE di ajang MWC China 2016 sendiri memamerkan teknologi terdepan dan visi M-ICT perusahaan. Booth dibagi dalam beberapa zona: Connected Everything, untuk memamerkan kekuatan 5G dan NB-IoT; SDN/NFV, memamerkan teknologi yang bekerja dengan Cloud Work; Platform and Service, yang mendemonstrasikan RSC dan kemampuan teknologi Big Video; dan Terminal, yang memperlihatkan ZTE AXON 7 Smartphone dan ZTE SproPlus Smart Projector.