ArenaLTE.com – Kedudukan WiFi (Wireless Fidelity) dalam jagad teknologi akses jarak dekat dipercaya masih akan berjaya hingga lima tahun mendatang. Bahkan WiFi Alliance kini telah mengumumkan sebuah protocol baru dalam turunan WiFi yang diberi label paten WiFi Aware. Solusi ini memungkinkan perangkat (smartphone) untuk menyiarkan, mengirimkan dan menerima sinyal WiFi dari perangkat lain dalam suatu jangkauan.

Pengguna bisa memilih untuk mengijinkan aplikasi untuk menyatakan ketersediaan dan mendaftar untuk menerima informasi dan permintaan koneksi. Misalnya, jika Anda berlangganan merek baju favorit dan mengaktifkan notifikasi kedekatan, sebuah aplikasi bisa memberitahukan saat Anda mendekati toko yang menjual baju favorit. Begitu pun jika ada pemain game, boleh jadi di suatu area akan terkoneksi dengan pemain game multiplayer lain yang juga sedang mengaktifkan WiFi Aware.

Dikutip dari gizmag.com (21/7/2015),  WiFi Aware dikembangkan selama tiga tahun oleh WiFi Alliance. Lembaga non-profit yang beranggotakan nama-nama besar, seperti Microsoft, Apple, Intel dan lain-lain. WiFi Aware dirancang untuk smartphone. Nantinya WiFi dapat mengenali satu sama lain, saling berkomunikasi dan membagi informasi dasar secara langsung tanpa mambutuhkan jaringan eksternal ataupun alat tambahan.”Setelah menemukan layanan yang menarik, sebuah aplikasi dapat dengan mudah memulai koneksi WiFi untuk follow-up aktivitas seperti berbagi foto atau bermain game multiplayer,” jelas Kevin Robinson, Director of Product Marketing WiFi Alliance.

Meski terdengar menarik, namun implementasi WiFi Aware masih butuh waktu, yang diyakini tidak makan waktu lama, mengingat beberapa chipset dan prosesor smartphone sudah mendukung WiFi Aware. Untuk menggunakan layanan WiFi Aware, pengguna smartphone terlebih dahulu harus melakukan install aplikasi. Kabarnya, jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn mulai menggunakan WiFi Aware di akhir tahun ini, sehingga tak lama lagi Anda bisa mengetahui lokasi teman saat sedang berdekatan di area publik.

Bagaimana dengan daya tahan baterai? Meskipun WiFi Aware selalu aktif agar perangkat bisa mengetahui perangkat yang berada dalam jangkaun sebelum terhubung, menurut Edgar Figueroa, Presiden Wi-Fi Alliance, teknologi ini sangat hemat daya – bahkan lebih hemat daya dibandingkan WiFi tradisional. Rasanya sebuah solusi yang menarik ya.