ArenaLTE.com – Setelah dua tahun lalu mengumumkan kerjasama dengan Apple, kini untuk pertama kalinya Volvo, manufaktur otomotif asal Swedia mengumumkan kendaraan pertamanya yang mengusung Apple Car Play, yakni SUV (sport utility vehicle) Volvo XC90 2016. Mobil ini diklaim sebagai mobil pertama Volvo yang mendukung sistem hiburan dari Apple tersebut.

Mobil Volvo XC90 2016 sendiri dilengkapi sistem dashboard dengan layar 9 inci. Bisa kamu lihat dalam gambar, sistem hiburan CarPlay bisa diakses pengguna di setengah bagian bawah layar.

Sementara itu di bagian atas layar besarnya bercokol kontrol yang dinamakan Sensus Connect buatan Volvo. Kontrol tersebut menampilkan beragam informasi, seperti arah jalan, pemutaran media, suhu, dan banyak lainnya.

Menariknya, Volvo menyediakan akses bagi pengendara untuk mengakses Siri di bagian kemudi mobil baru tersebut. Dengan Siri, pengendara bisa mengirim pesan, melakukan panggilan telepon, dan mengakses aplikasi via kendali suara.
Baca juga: Daimler Mercedes Benz Uji Self Driving Truck di Jalan Tol

Sayangnya untuk menikmati CarPlay, para pemilik mobil Volvo XC90 2016 masih harus menyambungkan iPhone miliknya ke kabel Lightning yang tersedia. Namun di masa mendatang, Volvo dilaporkan bakal menghadirkan dukungan supaya CarPlay bisa diakses secara nirkabel. Volvo sendiri merupakan salah satu produsen mobil besar yang telah lama menyatakan dukungannya terhadap CarPlay. Pada 2014 lalu, produsen mobil itu menjanjikan bakal menghadirkannya.

Sebelum Volvo, Ferrari lebih dulu menghadirkan Appel Car Play di seluruh modelnya bertepatan pada ajang Frankfurt International Motor Show 2015. Berdasarkan rilisnya, Jumat, FF merupakan model pertama Ferrari yang menggunakan fitur inovatif dari iPhone itu. CarPlay menawarkan fungsi suara dan sentuh yang instan dan intuitif; mulai dari menelepon hingga penggunaan peta, pengiriman pesan, serta musik.