ArenaLTE.com – Layanan panggilan telepon di jalur 4G LTE atau lebih dikenal dengan istilah Voice over Internet LTE (VoLTE) akan menjadi layanan utama di jaringan 4G seluruh negara Afrika. Layanan tersebut juga akan menjadi fokus utama pada pembahasan pagelaran acara Afrika LTE 2015, yang akan digelar di Cape Town, Afrika Selatan pada November mendatang.

Ada 24 negara Afrika yang diklaim telah mengadopsi teknologi jaringan 4G LTE, dan dikabarkan akan dikebut hingga akhir 2015 untuk persiapan acara tersebut. Pada 2018 mendatang, 50 persen populasi penduduk di seluruh Afrika diprediksi sudah menikmati akses jaringan tersebut. seperti dilansir dari laman realwire, Kamis (15/10/2015).

Dalam ajang penyelenggaraan LTE Afrika 2015 tersebut, diharapkan bisa mempertemukan para pakar industri LTE dan operator terkemuka untuk membahas isu utama tentang penyebaran strategis untuk 4G LTE dan layanan VoLTE maju di Afrika. Ada lebih 4000 operator yang diklaim akan hadir dalam konferensi tersebut, pagelaran diharapkan akan menjadi kunci informasi untuk revolusi masa depan digital Afrika.

Beberapa operator Afrika juga ditenggarai tengah menyiapkan dan  memperkuat ekosistem 4G termasuk penyediaan layanan Voice-over-LTE (VoLTE) dan menentukan standar LTE untuk peningkatanan komunikasi suara. Pemerintah dan operator beberapa negara tersebut, kabarnya juga telah menawarkan smartphone LTE berbasis GSM atau jaringan circuit-switched 3G.

“Ledakan layanan broadband di seluruh benua, dari fixed broadband, mobile broadband yang terkonvergensi layanan adalah untuk menjembatani kesenjangan teknis, sosial, dan ekonomi di seluruh Afrika sehingga akses dan percepatan pertumbuhan di semua lini mendapat proporsi tepat,” jelas Thomas Allen, COO dari Smile, salah satu operator telekomunikasi Afrika.
BacaIni Penyebab Adopsi Teknologi 4G LTE di Indonesia Lamban

Menurutnya, telah tiba waktu yang tepat untuk seluruh Afrika untuk mengubah setiap anggota benua ini untuk mengambil tempat yang selayaknya di desa global. Dalam pagelaran LTE Afrika 2015 yang berlangsung pada 17 hingga 19 November mendatang tersebut, akan mengusung tema yang fokus pada perkembangan jaringan dan layanan 4G LTE. Hal tersebut menyangkut, optimasi jaringan, optimal backhaul, hingga mendorong konsumen untuk mengadopsi.

Comments

  1. […] Lewat peluncuran komersial layanan VoLTE roaming, pelanggan dari kedua operator akan memiliki akses data dan komunikasi berkualitas tinggi, suara dengan latency rendah, serta panggilan video dan juga layanan data super cepat di dalam negeri maupun internasional antara Jepang dan Korea Selatan. Baca: Afrika Akan Jadikan VoLTE Sebagai Layanan Utama di Jaringan 4G […]