ArenaLTE.com – Jangan sepelekan urusan buang hajat, apalagi bila Anda bepergian ke daerah yang belum dikenal, rasanya untuk mendapatkan lokasi toilet yang nyaman dan bersih pasti jadi idaman. Tapi pada faktanya lumayan sulit untuk bisa menemukan toilet yang nyaman, terutama untuk buang air besar.

Berangkat dari kasus diatas, menggerakan developer lokal Semogaberkah.id untuk menciptakan aplikasi yang diberi label “Toilet Rate.” Aplikasi berbasis LBS (Location Based Service) yang terkoneksi dengan layanan Google Maps.

Aplikasi yang dirilis pada 25 Juni 2016 ini  dirancang pada musim Lebaran lalu, tujuannya untuk membantu pemudik  untuk menemukan WC bersih ketika dalam perjalanan. Aplikasi ini berisi beberapa fitur yang dapat membantu pemudik, mencari WC umum, di antaranya yang terdekat, lokasi ‘jamban’ bersih terdekat dalam google map (data berbasis crowdsource), Petunjuk arah, berisi panduan dari lokasi user ke tempat toilet bersih terdekat yang dapat di tentukan dengan peta, dan kemudian Submit toilet bersih, yaitu fitur untuk memudahkan pemudik menilai kualitasnya dengan memberikan rating pada aplikasi, semakin banyak rating maka database aplikasi semakin banyak.

Selain itu, dalam keterangan aplikasi ini, oleh pengembangnya data WC rusak akan dikolaborasikan dengan pemerintah agar siap diperbaiki.

Lain di Indonesia, di India juga ada aplikasi serupa, namun dengan kandungan fitur yang lebih maju.  India memang rajin membuat gebrakan untuk kemudahan public service warganya. Sampai urusan buang hajat pun turut dicermati dengan kandungan teknologi. Tak heran karena banyak warga di sana yang masih gemar buang hajat sembarangan. Adalah Greater Chennai Corporation dan Eram Scientific Solutions (ESS) yang belum lama ini telah meluncurkan aplikasi eToilet di smartphone untuk kemudahan bagi warga kota Chennai menemukan lokasi WC umum.

ESS telah menyediakan 183 toilet yang terintegrasi dengan aplikasi eToilet di berbagai zona kota. Seperti wilayah Manali, Royapuram, Thiru-Vi-Ka Nagar, Anna Nagar, Teynampet, Kodambakkam, Adyar dan Perungudi. 110 di antaranya merupakan eToilet yang terpasang area terbuka publik.Di dalam aplikasi  , pengguna akan diarahkan bagaimana cara menggunakan aplikasi dan penggunan rincian penggunaan data. Tidak itu saja, ada informasi status kesehatan lingkungan, kondisi air di toilet, yang kesemuanya disajikan secara real time.