ArenaLTE.com – Perkembangan teknologi memang telah meningkat signifikan, banyak gagasan dan produk teknologi dilahirkan baru-baru ini. Seperti halnya tiga produk teknologi yang kini tengah dikembangkan oleh produsen. Salah satu yang kini tengah dibangun adalah sebuah sepeda yang dapat berjalan sendiri, serta panel listrik yang menyerap tenaga hujan, dan teknologi USB pendingin dahi.

Ya, perkembangan jaman selalu diikuti dengan kehadiran teknologi baru yang membawa perubahan pada kehidupan Manusia. Berbekal sebuah penelitian, beberapa temuan telah berbuah menjadi sebuah produk teknologi baru yang kemungkinan memberikan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat. Berikut tiga temuan baru teknologi yang kini tengah dikembangkan industri.

Panel Listrik Tenaga Hujan

panel hujanBaca juga: Menyikapi Inovasi Teknologi: Adaptasi or Die!

Seperti yang diungkapkan diatas, perubahan jaman selalu diikuti dengan kemajuan teknologi yang kian terdepan. Panel surya yang dahulu dibuat untuk mendapatkan energi listrik dari tenaga matahari, kini sudah tergantikan dengan panel hujan yang memanfaatkan air hujan untuk menghasilkan energi listrik.

Terinspirasi dari musim hujan lebat yang datang setiap tahunnya, para ilmuwan dari China kini menemukan sebuah alat baru yang masih dalam bentuk prototipe. Bukan lagi memanfaatkan tenaga surya, panel ini akan menghasilkan listrik dari tetesan air huja yang turun. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa panel ini dibuat dari lapisan graphene yang digunakan untuk sel surya dan berfungsi sebagai konduktivitas.

Sel surya tenaga huja ini diklaim mampu menghasilkan energi listrik lebih efisien, konversi energi optimal adalah 6,53% saat hujan. Menurut para peneliti, kandungan garam dalam air huja akan terpisah menjadi ion yang kemudian diolah oleh graphene menjadi energi listrik.

Sepeda Ajaib Google

Melakukan ujicoba di Netherland, Belanda, sepertinya memang lebih tepat dibandingkan harus mencobanya di negeri yang cukup ramai dan sesak kendaraan. Ya, Goole baru-baru ini menghadirkan sebuah video ujicoba sepeda ‘ajaib’ terbarunya yang kini sedang dilakukan ujicoba di negeri kincir angin tersebut. Dalam video yang dirilis perusahaan tersebut, terlihat sepeda ini mampu dikendalikan dari jarak jauh yang tidak mudah jatuh dan mampu berjalan sendiri.

Terlihat juga dalam video rilisan tersebut, sepeda ini sepertinya dibenamkan dengan kamera 360 dan beberapa sensor gerak, serta pedal atau pengayuh roda yang dapat diatur untuk dikunci. Mungkin, maksud dari penguncian pedal tersebut adalah untuk memberikan keamanan. Pasalnya, pedal dapat diatur searah untuk dua sisinya, sehingga menyulitkan untuk mengayuh nantinya.

USB Pendingin Dahi dan Leher

usb pendingin dahi

Nama keren dari produk ini adalah USB Forehead Neck Cooler, sebuah alat yang persis seperti bandana yang diikatkan ke leher atau leher. Sesuai namanya, alat ini memberikan fungsi seperti halnya alat kompres dingin di rumah, hanya saja piranti yang digunakannya di dukung dengan konektivitas USB. Suhu pendingin yang dapat dihasilkannya, diklaim mampu menghasilkan 22 derajat celcius atau sebesar 72 derajat fahrenheit yang mampu mendinginkan suhu pada dahi maupun leher dengan sejuk.