ArenaLTE.com – Namanya Textalyzer. Dua tahun lalu dikenal sebagai aplikasi Android yang menawarkan fungsi  untuk menganalisa SMS yang tersimpan di dalam smartphone. Dan masih dengan nama yang sama, Textalyzer kini tampil sebagai sebuah solusi yang berbeda.

Dirancang oleh Cellebrite yang sukses membantu FBI dalam membongkar data yang tersimpan di dalam iPhone 5c, Textalyzer adalah sebuah mesin yangakan membantu pihak kepolisian dalam menentukan siapa yang bersalah dalam sebuah kecelakaan.

Dengan fitur ini, Anda akan dibuat tidak berdaya ketika lalai menabrak sesuatu saat mengemudikan kendaraan sambil ber-chatting ria. Dengan bantuan ini, Anda tidak akan lagi bisa berkelit bila ternyata sebelumnya asyik memegang smartphone saat mengemudikan kendaraan.

Bila Anda menabrak atau terlibat dalam kecelakaan karena sibuk berkirim pesan, Textalyzer kemudian akan memberikan informasi bahwa sebelum insiden terjadi, apakah fokus mengemudi Anda terpecah karena layar ponsel pintar atau tidak.

texting-driving-640x427

Dikutip dari Ubergizmo.com, meski belum resmi digunakan, Kepolisian kota New York, AS, dikabarkan bakal menggunakan Textalyzer untuk mengungkap sebab musabab terjadinya kecelakaan. Sat ini rancangan undang-undang tengah digogok agar polisi New York dapat segera mengapikasikan solusi canggih ini.

Jika mesin ini digunakan oleh pihak kepolisian di Indonesia, bersiaplah untuk ditangkap yang berwajib karena smartphone Anda. Sebuah cerita yang mirip dengan pengkhianatan, namun akan memberikan pelajaran bagi mereka yang gemar berkirim pesan sambil mengemudikan kendaraan.