ArenaLTE.com – Kemunculan teknologi nirkabel merupakan berkah bagi umat manusia. Kita Ambil contoh, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang sosial, Sevamob, menggunakan teknologi nirkabel untuk medis yang membantu antar layanan kesehatan ke pelosok India.

Demi menjangkau daerah yang tidak memiliki layanan kesehatan yang mumpuni, perusahaan ini berdayakan teknologi nirkabel untuk medis bagi lapisan masyarakat bawah. Pendekatan inovatif Sevamob ini memanfaatkan teknologi mobile eksklusif, yang dapat beroperasi secara offline di daerah terpencil. Tim kesehatan keliling yang dikelola dengan dokter dan didukung oleh call center 24 jam dan jaringan penyedia layanan pihak ketiga (termasuk laboratorium patologi untuk tes lanjutan dan rumah sakit) bagi kelangsungan perawatan.

Pelayanan Sevamob ini melalui platform mobile berbasis cloud yang dikembangkan sendiri. Masyarakat India di daerah secara bulanan dapat mendaftarkan diri untuk layanan medis melalui dokter-dokter Sevamob yang dipersenjatai tablet Android. Kemudian pada saat pendaftaran, tim medis menangkap demografi pasien dan rekam medis dalam perangkat lunak dan memberikan kartu pasien. Sekali sebulan, perawatan primer dasar disampaikan langsung pada pasien yang terdaftar.

Teknologi nirkabel untuk medis yang dikembangkan Seamob meliputi  pengecekan terhadap gula darah, tekanan darah, pemeriksaan mata, juga mulut dan gigi. Untuk kondisi medis yang membutuhkan perhatian ekstra, dokter dapat memberikan resep yang dibuat dalam perangkat lunak yang kemudian dikirim ke server pusat Sevamob.

“Platform teknologi kami menggunakan cloud server dan database yang memungkinkan kita untuk melacak statistik, hasil dan proses penyembuhan secara real time,” jelas CEO Sevamob, Shelley Saxena. “Membandingkan statistik kesehatan pada awal pasien mulai berlangganan dengan statistik terbaru memberi kita data yang akurat dan tepat waktu pada peningkatan kesehatan mereka, pada akhirnya berdampak langsung ke model layanan kesehatan kami,” tambah Saxena.

Diluncurkan pada 2012, Sevamob sudah melakukan 20.000 konsultasi pasien per bulan di enam Negara bagian India. Dengan pertumbuhan yang cepat ini, perusahaan berencana untuk lebih meningkatkan kualitas, layanan murah dengan visi melayani 800.000 pelanggan melalui klinik berjalan untuk memajukan kesehatan di India. Penggunaan teknologi nirkabel untuk medis merupakan cara untuk meningkatkan layanan Sevamob. Sekarang kita menunggu gebrakan serupa di Indonesia.