ArenaLTE.com – Jelang hajatan telekomunukasi besar-besaran akhir Februari ini dalam MWC (Mobile World Congress) 2016 di Barcelona, Spanyol, Nokia Networks akan menampilkan uji  teknologi terbaru LTE Advanced Pro dengan dukungan 3D Beamforming. Solusi ini menawarkan kecepatan data uplink hingga tiga kali lipat.

Selain LTE Advanced Pro dengan 3D Beamforming yang menawarkan sistem antena canggih pada BTS, Nokia dalam MWC 2016 juga akan memamerkan 8×4 Intelligent Beamforming, kapabilitas inter-site carrier aggregation, dan carrier aggregationyang dikombinasikan dengan modulasi canggih. Secara keseluruhan solusi Nokia masuk dalam substabsi peningkatan kapasitas di jaringan TD (Time Division)-LTE (Long Term Evolution) dan FDD (Frequency Division Duplex)-LTE.

“Selain memberikan jaringan FDD-LTE dan TD-LTE dengan kinerja terbaik saat ini, Nokia juga dengan cepat mengembangkan teknologi LTE-Advanced Pro bersama para operator. 3D Beamforming Nokia, untuk downlink dan uplink adalah inovasi awal dan telah berhasil diuji coba di Hangzhou, Cina,” ujar Tero Peltota, head of FDD and TDD LTE Product Management Nokia dalam siaran pers yang diterima ArenaLTE.com (1/2/2016).

Menurut Peltota, pihaknya juga sedang merespon kebutuhan akan kapabilitas lebih tinggi lagi dengan memungkinkan agregasi lengkap dari jaringan-jaringan TDD dan FDD LTE. “Bersama Nokia, para operator akan mendapatkan kepastian bahwa solusi-solusi kami telah teruji di lapangan dan siap digunakan untuk jangka waktu lama,” katanya.

Solusi-solusi dari Nokia akan membantu para operator untuk melayani lebih banyak pengguna tanpa harus menggelar base station (BTS) tambahan, serta meningkatkan pengalaman konsumen dengan meningkatkan throughput area cakupan cell. “Inovasi-inovasi ini sebagian besar merupakan hasil dari pengembangan piranti lunak, yang akan dijalankan pada base station, dan juga konfigurasi berbasis cloud canggih,” papar Tero Peltota.

“Akses mobile broadband seluler yang cepat serta lebih handal akan membantu para operator meningkatkan revenue, menurunkan turnover serta membuka peluang-peluang bisnis baru dengan perusahaan-perusahaan,” pungkasnya.