ArenaLTE.com – Bagi Anda penyuka seni, memakai tato punya makna atau arti tertentu. Tapi alangkah baiknya bila tato di kulit juga tak sekadar memberi kesan sangar atau indah bagi yang memandang. Contohnya tato temporer yang kini punya peran lebih dari itu, yakni sebagai pemantau kondisi kesehatan tubuh. Hal ini bukan lagi rekaan atau sebatas konsep, Chaotic Moon Studios, developer aplikasi di AS berhasil mewujudkan tato biometrik.

Dikutip dari Ubergizmo.com (25/11/2015), tato biometrik ini tak hanya berbalut tinta, melainkan ada perangkat sensor micro dan cat konduktif. Sensor di tato dapat melacak segala macam hal tentang pemakainya, seperti denyut jantung, suhu tubuh, bahkan lokasi keberadaan pengguna dapat dipantau. Ini mungkin berguna jika Anda ingin berbagi biometrik dengan dokter Anda dari jarak jauh, sehingga membuat pemeriksaan jarak jauh sangat mungkin dilakukan dengan kualitas yang akurat. Sebagai media pemantau sensor menggunakan aplikasi pada smartphone, dimana konsol sensor terhubung ke smartphone lewat Bluetooth.

Menurut Eric Schneider, Creative Technologist for Chaotic Moon, “Tato temporer ini akan melampaui apa yang diharapkan dari tracker kebugaran. Solusi ini dapat menempatkan tubuh Anda lebih simpel untuk memontor kesehatan jika dibanding menggunakan smartwatch.”
Baca juga: Perusahaan Amerika dan Indonesia Sepakati Kerjasama di Industri Teknologi

Selain untuk tujuan kesehatan, ada juga manfaat potensial dari tato temporer ini untuk segmen perbankan dan aplikasi militer. Berbicara kepada TechCrunch, CEO Chaotic Moon Ben Lamm mengatakan, “Kami pikir ada aplikasi militer untuk itu, aplikasi kesehatan untuk itu, dan ada semua jenis peluang di sekitarnya. Ini adalah platform yang pada dasarnya membuat Anda menjadi papan sirkuit manusia.” Perlu dicatat, tato biometrik ini hanya bersifat temporer.