ArenaLTE.com – Kreasi berupa inovasi baru adalah harga mati bagi vendor jaringan, maka tak heran selalu saja ada temuan dan terobosan baru yang secara periodik diperkenalkan kepada publik. Seperti salah satunya datang dari vendor jaringan asal Shezhen, Cina, yakni ZTE Corporation, yang baru-baru ini memperkenalkan teknologi baru untuk mobile internet dengan label Vertical Broadband and Smart City Solutions.

Solusi terbaru besutan ZTE ini diperkenalkan dalam ajang Connect To Connect Summit (C2C) keempat yang berlangsung pada 19 -21 Juli di Pretoria, Afrika Selatan. Solusi vertical broadband di sini menawarkan koneksi backbone nasional dengan jaringan broadband. Solusi ini ditawarkan untuk mendukung fungsi komunikasi bagi pemerintahan, mendukung transportasi seperti kereta api, komunikasi radio dan televisi.

Vertical broadband yang digadang ZTE juga mencakup penyebaran informasi di dalam negara, kota, bahkan ke levek perusahaan. Untuk menjalankan model solusi ini, ZTE menawarkan standar arsitektur dan aplikasi broadband dan model manajemen komunikasi yang baru.

Selain itu, terkait teknologi smart city, ZTE bersama dengan mitra provider dari negara-negara tujuan menawarkan solusi khusus, dan pada ajang C2C beberapa uji coba telah dilakukan. Isu utama dalam pengembangan kota pintar adalah masalah rantai komunikasi dan integrasi platform yang digunakan. Disini ZTE menawarkan aplikasi khusus yang dibuat dengan sentuhan lokal, sehingga dapat memahami konteks tantngan yang ada di negara pengguna.

Untuk tahap pertana, disebutkan ZTE akan bekerjasama dengan pemerintah Afrika Selatan untuk mengengkan teknologi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) agar semuanya dapat terkoneksi dengan beragam perangkat pintar. Nun jauh di benua Asia, ZTE di bulan Agustus tahun 2015 juga telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan pemerintah kota Makassar untuk pengembangan smart city.

Penerapan sistem informasi dan komunikasi modern yang ditawarkan oleh Smart City ZTE adalah solusi strategis yang dapat digunakan pihak keamanan, seperti petugas medis, polisi dan pemadam kebakaran untuk mengantisipasi keadaan darurat dan memberikan respon yang cepat dan tanggap darurat serta meningkatkan kolaborasi dengan instansi-instansi terkait.

“Sistem keamanan publik terintegrasi milik ZTE mengombinasikan seluruh mekanisme penanggulangan kondisi darurat untuk menangani kejahatan, ketidakstabilan sosial, bencana alam, dan hal-hal yang berhubungan dengan keamanan publik lainnya,” ucap Yan Changzhi, Sales Director PT ZTE Indonesia