ArenaLTE.com – Musim mudik Lebaran sudah di depan mata. Artinya operator seluler harus bersiap menghadapi lonjakan trafik terutama pada daerah-daerah dan rute para pemudik. Selain bicara tentang penambahan kapasitas pada server data, SMS, dan voice call, operator di lapangan juga punya jurus jitu untuk menangani lonjakan trafik. Yang dimaksud adalah smart antenna (antena cerdas) yang terpasang pada elemen menara BTS (Base Transceiver Station).

Smart antenna didesain untuk mengoptimalkan kinerja pada komunikasi nirkabel. Kebutuhan akan QoS yang lebih baik dan efisiensi kinerja dari sebuah peralatan komunikasi semakin dibutuhkan akibat besarnya pengguna komunikasi nirkabel. Salah satunya pengguna komunikasi seluler, dengan makin besarnya trafik dan kebutuhan QoS yang lebih baik antena cerdas hadir untuk memberikan sinyal yang baik pada pengguna.

Antena Cerdas adalah jenis antena array dengan algoritma sinyal prosesing cerdas digunakan untuk mengenali tanda sinyal spasial seperti DOA (Direction of Arrival) dari sebuah sinyal, dan digunakan untuk mengkalkulasikan (memperhitungkan) vektor beamforming, untuk mengenali lokasi dari beam suatu antena pada keadaan mobile/bergerak serta terdapat sensor pada antena ini.

Teknik smart antenna biasanya digunakan pada prosesing sinyal akustik, memantau dan memindai RADAR, radio astronomi, dan radio teleskop, dan lebih banyak digunakan pada sistem seluler seperti 3G dan 4G. Prinsip kerjanya sama dengan prinsip kerja tubuh kita. Susunan elemen antena berfungsi seperti telinga, kulit, dan hidung, yaitu mampu menerima kedatangan sinyal berupa sudut fasa sinyal datang.

Algoritma signal processing berfungsi seperti otak, yaitu mampu mengkorelasikan semua sinyal datang yang dideteksi dan mengestimasinya sehingga dapat ditentukan lokasi sinyal datang tersebut serta mampu membedakan sinyal yang diinginkan dan sinyal yang tidak diinginkan. Beam forming berfungsi seperti mulut, yaitu mampu memberikan informasi kepada useryang dideteksi dengan cara mengirimkan kembali sinyal tersebut pada arah yang sama saat kedatangan sinyal tersebut.

Sistem antena ini disebut smart karena secara cerdas menghasilkan beam atau arah radiasi yang sesuai ke arah user (mobile user) yang diinginkan serta menghilangkan sinyal-sinyal interferer. Terjadi demikian karena antena ini terdiri dari beberapa antena (array antenna).