ArenaLTE.com РPertanian modern tidak boleh menambatkan diri pada cara-cara lama, jadi tidak mengejutkan jika petani mulai mendayagunakan teknologi nirkabel untuk memperkuat sistem pertanian mereka. Field Connect adalah contoh nyata pernyataan tersebut. Teknologi nirkabel bertenaga surya ini mengumpulkan data tentang suhu, tingkat kelembaban, konduktivitas listrik (sebagai indikator salinitas) tanah dan variabel lain melalui sebuah sensor yang tertancap ke bumi. Sistem pertanian nirkabel ini mengunggah data setiap 15 menit untuk satelit orbit rendah, yang kemudian di relay ke data center lalu dikirim kepada klien mereka, contohnya perkebunan artichoke, Ocean Mist Farms di Castroville, Amerika Serikat.

Ocean Mist merupakan sebuah situs pengujian beta untuk teknologi Field Connect sejak tahun 2012. Sensor sistem pertanian nirkabel memantau kelembaban tanah hingga kedalaman 40 inci. Keadaan unsur air pada tanah dihitung harian, dan pemilik lahan akan menerima peringatan email ketika sudah waktunya untuk menyirami tanaman.

Sebelum sistem pertanian nirkabel itu digunakan, Ocean Mist menggunakan tensiometer untuk mengukur kelembaban tanah, namun teknologi nirkabel dipercaya lebih akurat. Lebih penting lagi, sistem ini menyediakan pemantauan 24 jam. Pengiriman personel ke lapangan terpencil selama cuaca buruk atau saat dimana mereka kurang orang membuat cara tradisional bisa mengalami human error. Sensor dan satelit andal mengumpulkan data terlepas dari kondisi lapangan. Pihak Ocean Mist juga bisa menghindari keadaan terlalu banyak memberi air pada tanaman mereka.

SistemPertanian Nirkabel Jaga Salinitas Tanah
SistemPertanian Nirkabel Jaga Salinitas Tanah

Di luar pemantauan pertanian dan perkebunan, jaringan nirkabel masih berjuang untuk mendapatkan tempat dalam produksi makanan dan minuman. Salah satu alasannya adalah masih banyak yang memilih cara tradisional yang lebih murah, dan tidak menarik daya listrik ke ladang.

Selain itu sistem pertanian nirkabel juga mendapat hambatan dari penggunaan baterai untuk peralatannya. Daya tahan baterai yang harus diganti berkala menimbulkan tantangan tersendiri ketika sensor ditempatkan di penjuru lading yang luas. Penelitian alternatif sedang berlangsung, termasuk sistem fotovoltaik yang mengkonversi cahaya menjadi energi, seperti yang dilakukan oleh Field Connect. Namun disaat-saat kurang cahaya matahari, sistem ini menjadi kurang efektif. (bda)