ArenaLTE.com – Di luar kesibukannya dalam produksi televisi, mesin pendingin ruangan, mesin cuci dan kulkas, Sharp belum lama ini berhasil membetot perhatian dalam ajang CEATEC (Combined Exhibition of Advanced Technologies) di Jepang. Vendor elektronik yang juga memproduksi smartphone ini membuat kejutan dengan menghadirkan sosok smartphone robot.

Punya tinggi 19,5 cm, smartphone robot ini dinamai Robohon. Sosok Robohon disokong prosessor quad-core, layar 2 inchi dengan sistem operasi buatan Sharp sendiri. Soal koneksi, Robohon sudah mendukung jaringan 3G dan 4G LTE (Long Term Evolution). Sebgaimana layaknya sebuah smartphone, robot smartphone ini mampu untuk berkomunikasi bertelepon, SMS bahkan email.

sharp-robohon-1-100619927-large

Di bagian dahi Sharp Robohon terdapat proyektor yang bertujuan untuk memproyeksikan layar, bisa ditujukkan pada tembok maupun meja. Dibagian wajahnya terdapat kamera untuk memotret dan mengambil video. Tak hanya bisa dipakai komunikasi, Robohon ini mampu untuk berjalan dan duduk hingga berdansa pun perangkat ini bisa.

Rencananya smartphone robot dengan balutan warna hitam dan putih ini akan dirilis pada semester pertama 2016. Sekadar informasi bahwa Sharp bekerja sama dengan Tomotaka Takahashi yang dikenal sebagai pembuat robot Kirobo yang mana pada tahun lalu robot ini pergi ke luar angkasa ISS (International Space Station).

CEO RoboGarage, Tomotaka Takahashi, sebagai perusahaan pengembang Robohon, mengatakan smartphone robot menjadi kepraktisan yang berbeda pada umumnya. “Smartphone kami praktis, sebagaian besar digunakan untuk bersenang-senang. Tapi kami memperlakukannya sebagai yang praktis,” ungkap Takahashi.

Namun sayang, harga Robohon terbilang sangat mahal untuk ukuran smartphone, rencananya pada 26 Mei mendatang Robohon akan diluncurkan ke pasar dengan harga US$1.800 per unit, atau sekitar Rp23,6 juta! Harganya yang mahal mungkin sebanding dengan keunikan dan kecanggihan yang ditawarkannya. Anda tertarik untuk memilikinya?