ArenaLTE.com – Karena jumlah perangkat yang terhubung ke rumah, aktivitas pekerjaan dan sekolah pada jaringan nirkabel terus berkembang, sementara tuntutan dari fitur seperti 4K video streaming, maka WiFi Alliance bekerja keras untuk memastikan standar WiFi untuk terus sesuai tuntutan perangkat dengan bandwidth tinggi. WiFi 802.11ac yang di upgrade ke Wave 2 membawa manfaat pada kemampuan multitasking, dua kali lipat kapasitas dan saluran bandwidth dan dukungan koneksi 5 GHz yang diperpanjang.

Salah satu fitur yang dibungkus dalam upgrade terbaru ini adalah Multi User Multiple Input Multiple Output (MU-MIMO) yang memungkinkan lebih banyak perangkat untuk beroperasi di jaringan yang sama tanpa penurunan kinerja. Daripada mengirim data ke satu perangkat pada satu waktu, MU-MIMO mampu mengirimkan data ke beberapa perangkat sekaligus. Ini artinya ada potensi pengguna cenderung untuk mengalami penurunan kecepatan download jika rekan Anda sibuk menggunakan layanan video streaming sepeti YouTube.

Selain dukungan pada kemampuan koneksi multi perangkat, saluran maksimum pada bandwidth yang meningkat dari 80 Mhz ke 160 Mhz dengan WiFi 802.11ac yang di update ke Wave 2. Ada juga aliran tambahan spasial, meningkat 3-4 kali dibandingkan dengan standar sebelumnya, dan dukungan yang lebih luas untuk saluran 5 GHz, mampu mengurangi gangguan dan kemacetan dengan memotong jumlah jaringan yang menggunakan saluran yang tumpang tindih dan menawarkan potensi untuk melipatgandakan kecepatan transmisi .

Sementara berhasil meng-upgrade perangkat yang ada untuk mendukung standar baru melalui pembaruan perangkat lunak, kebanyakan orang perlu membeli hardware baru untuk mendapatkan peningkatan kinerja. Produk WFi bersertifikat yang untuk mendukung update ke Wave 2 berasal dari vendor Broadcom, Marvell, MediaTek, Qualcomm dan Quantenna.