ArenaLTE.com – Saat pergi berlibur dan rumah ditinggal dalam waktu lumayan lama, boleh jadi Anda was-was mengenai kondisi rumah. Misalnya jika pipa saluran air bocor, genteng bocor akibat hujan lebat yang bisa mengakibatkan korsleting listrik dan menimbulkan kebakaran. Nah, yang jadi pertanyaan bagaimana dari kejauhan Anda bisa mengetahui kondisi yang terjadi di rumah? Jawabannya tentu mengarah pada keterlibatan sensor pendeteksi kebocoran air.

Namun tak sembarang sensor bisa melakukan monitoring yang tergolong khusus ini. Bermula dari keadaan di atas menjadi alasan bagi Roost Inc untuk meluncurkan solusi yang juga disebut Roost. Sebagai sebuah solusi berbasis internet of things (Iot), Roost hadir dalam wujud perangkat sensor mini yang dilengkapi sensor pendeteksi kebocoran air, sensor suhu, dan sensor kelembaban udara.
BACA: Prosesor Qualcomm Snapdragon 212 Bakal Perkuat Smart Home

Di dalam perangkat untuk rumah pintar (smart home) ini juga terdapat modul WiFi. Dan perangkat ini bisa di setting untuk terkoneksi secara nirkabel ke WiFi router di rumah, dan selanjutnya sistem dapat mengirimkan peringatan lewat aplikasi di smartphone Anda.

Dikutip dari situs Ubergizmo, perangkat sensor Roost dirancang untuk beroperasi dalam waktu lama. Pasalnya terdapat baterai built in yang diklaim punya masa aktif sampai tiga tahun. Sehingga pengguna tak perlu khawatir perangkat akan down dalam waktu dekat. Tertarik dengan sensor pendeteksi kebocoran air tersebut? Saat ini Roost Inc telah membukan pre order dengan harga US$49, rencananya solusi ini akan diluncurkan pada pertengahan tahun ini.