ArenaLTE.com – Untuk perusahaan sekaliber Samsung, membuat terobosan CSR (Corporate Social Responsibility) tak melulu harus terkait kucuran dana dan program, tapi lebih dari itu, vendor asal Korea Selatan (Korsel) ini mampu menggodok aplikasi Voice of Life bergenre kesehatan yang unik, alias beda dari yang pernah ada. Kali ini Samsung merilis sebuah aplikasi yang didedikasikan untuk bayi yang lahir secara prematur.

Bayi prematur yang lahir sebelum waktunya tidak menghabiskan waktu banyak di dalam kandungan si ibu. Artinya, mereka dilahirkan dengan risiko dan bahaya yang lebih tinggi dalam perkembangannya nanti. Untuk membantu tumbuh kembang bayi prematur, Samsung telah membangun aplikasi yang dijuluki Voice of Life. Pada dasarnya aplikasi ini membantu bayi mengenali suara ibunya dengan merekam suara ibu dan detak jantungnya.

Aplikasi Voice of Life kemudian akan menghapus setiap frekuensi tinggi untuk membantu meniru suara yang bayi mungkin dengar di dalam rahim. Rekaman kemudian akan dimainkan pada speaker yang ditempatkan di samping inkubator, sehingga memungkinkan bayi untuk terus mendengar suara ibu mereka bahkan jika ibunya tidak ada. Suara ini diharapkan bisa mengurangi defisit bahasa dan perhatian yang memang menjadi resiko dialami seorang bayi prematur. Karena jelas, suara seorang ibu adalah hiburan bagi bayi.

Dikutip dari Ubergzimo.com (1/5/2016), dengan statistik menunjukkan bahwa ada 15 juta bayi prematur lahir tahun lalu, tidak diragukan lagi bahwa aplikasi ini akan berguna bagi jutaan orangtua dan bayi di luar sana. Sayangnya, Samsung belum mengatakan aplikasi Voice of Life akan dirilis kapan atau untuk pasar seperti apa. Namun sepertinya Samsung tak menunggu waktu lebih lama lagi.