ArenaLTE.com – Smartphone aman menjadi isu utama dalam hal keamanan data digital terutama di sektor bisnis, pemerintah dan militer. Belum lama ini, Samsung Electronics dan Sectra (Secure Transmission), penyedia solusi keamanan mobile asal Swedia melakukan aliansi kemitraan teknis untuk mengembangkan smartphone aman. Mereka mengintegrasikan platform Samsung Knox dalam solusi Sectra pada platform komunikasi.

Kerjasama antar dua industri beda benua ini didorong meningkatnya permintaan oleh kalangan pemerintah dan organisasi pertahanan akan hadirnya sosok smartphone aman yang memenuhi dua kreteria sekaligus. Yakni peran sebagai smartphone reguler dan kemampuan smartphone sebagai perangkat komunikasi yang dilengkapi teknologi dedicated untuk fungsi keamanan.

Solusi yang dihadirkan salah satunya adalah enkripsi Sectra untuk smartphone aman, Sectra Tiger/R. Teknologi enkripsi ini memungkinkan pengguna smartphone untuk bisa berkomunikasi aman tentang informasi rahasia melalu jaringan seluler reguler. Hal ini dirancang untuk diadaptasi pada level klasifikasi keamanan yang restiricted.

Terkait kerjasama antara Samsung dan Sectra, pengiriman pertama Sectra Tiger/R dengan platform Samsung Knox kini sedang dalam proses peluncuran di sebuah organisasi pertahanan Eropa yang tak disebutkan namanya.

samsung-sectra“Melalui kerjasama dengan Samsung dan integrasi Samsung Knox dalam platform Tiger/R yang kami tawarkan, maka keahlian kami dalam teknologi enkripsi dan pengetahuan Samsung di keamanan platform dapat menghasilkan solusi terbaik,” ujar Michael Bertilsson, President of Sectra Communications.

Kemitraan ini memungkinkan Sectra untuk meningkatkan solusi Sectra Tiger / R dengan platform keamanan smartphone yang komprehensif, Samsung Knox. Sedangkan enkripsi berbasis hardware Sectra dapat menjamin keamanan komunikasi. Disini Samsung Knox memastikan integritas telepon, secara substansial mengurangi kerentanan terhadap aplikasi berbahaya dan gangguan.

Samsung KNOX adalah sebuah solusi keamanan end-to-end yang dirancang khusus oleh Samsung dari aplikasi hingga hardware. Setiap perangkat yang dilengkapi dengan Samsung KNOX memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas pribadi dengan aktivitas kantor secara terpisah dalam satu perangkat.  Sehingga mereka miliki tanpa harus membawa lebih dari satu perangkat.

Hal ini bisa terjadi karena zona Samsung KNOX yang dilengkapi dengan tingkat keamanan maksimal dirancang terpisah dengan zona pribadi. Di zona pribadi, pengguna dapat menikmati seluruh kelebihan smartphone Android Samsung yang mereka miliki seperti biasa. Misalnya mengakses facebook, Twitter, memotret dengan kamera, akses email, dan sebagainya.

Sementara di zona Samsung KNOX, seluruh aplikasi yang ada ditentukan oleh IT Manager karena Samsung KNOX dirancang khusus sesuai dengan kebijakan perusahaan. Dan IT Manager yang bertanggung jawab atas sistem keamanan perusahaan merupakan pemegang kunci utama dari Samsung KNOX setiap penggunanya.

Oleh karena itu, di zona Samsung KNOX hanya akan terdiri dari aplikasi yang berguna untuk kepentingan bisnis atau pekerjaan seperti misalnya email, browser, kontak dan kalender yang ditandai dengan adanya simbol kunci di ikon aplikasinya.