ArenaLTE.com – Jika kita kita mendengar tentang layanan jaringan 4G LTE, yang ada di benak kita adalah akses internet berkecepatan tinggi atau kualitas streaming yang prima ketika menonton video tanpa buffering. Namun jaringan 4G LTE bukan hanya sekedar unggul dar bandwidth saja namun bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan publik melalui jaringan public safety 4G LTE.

Tanpa mengesampingkan fakta bahwa rata-rata vendor jaringan besar di dunia sedang fokus mengembangkan jaringan 5G, namun masih banyak hal yang bisa dikembangkan dari jaringan 4G LTE network. Dan Samsung membuktikannya dengan menghadirkan sebuah manfaat dari jaringan public safety 4G LTE untuk masyarakat banyak khususnya layanan darurat.

Ilustrasi layanan public safety 4G LTE Samsung
Ilustrasi layanan public safety 4G LTE Samsung

Bekerja sama dengan pihak pemerintah di Korea Selatan, Samsung melakukan uji coba proses penerapan teknologi Samsung’s Public Safety 4G LTE. Jaringan yang dibuat berdasarkan kolaborasi antara Pemerintah Korea Selatan dan Samsung ini akan membantu masyarakat agar dapat melakukan komunikasi darurat dengan lebih cepat, lebih mudah dan lebih stabil.

Dari uji coba ini terlihat bahwa Jaringan public safety 4G LTE yang disediakan mampu mendukung kelancaran komunikasi hingga 20 lebih koneksi layanan darurat berbeda, diantaranya dengan 8 layanan publik yang berbeda-beda termasuk polisi, pemadan kebakaran, kesehatan hingga militer.

Korea Selatan sebelumnya memang telah membuat rencana untuk menerapkan sebuah jaringan nirkabel khusus yang disediakan hanya untuk layanan darurat. Jaringan khusus ini dibuat agar terhindar dari gangguan penggunaan untuk konsumen dan berbagai gangguan lainnya yang dapat mengganggu panggilan darurat yang dilakukan.

Dan sepertinya solusi jaringan khusus untuk layanan darurat untuk publik dari Samsung ini akan segera siap untuk diterapkan dan segera beroperasi tahun ini, bahkan Negara Korea Selatan sudha menentukan empat kota yang segera mengimplementasikan solusi ini.

Layanan public safety 4G LTE ini diuji dengan menggunakan layanan standar instant messaging dan layanan Push-To-Talk (PTT) termasuk menggunakan video dan audio. Jaringan 4G LTE khusus layanan darurat ini menggunakan spektrum di frekuensi 700 Mhz dari ujicoba ini diharapan agar jaringan tersebut mampu mendukung berbagai metode komunikasi yang tersedia dengan cepat dan lancar.

Kita berharap semoga pemerintah Indonesia bisa mulai mencoba mengimplementasikan layanan public safety 4G LTE khusus untuk layanan darurat. Karena hampir semua pemerintahan di seluruh dunia tak diragukan lagi akan mulai memperhatikan bagaimana hasil penerapan jaringan PS-LTE ini dalam meningkatkan respon dan reaksi cepat dalam menyelamatkan nyawa dengan jaringan khusus layanan darurat.