ArenaLTE.com – LSI Business Department dari Samsung Electronics dilaporkan telah mengembangkan teknologi Bio Prosesor. Teknologi ini digunakan untuk memonitor electrocardiogram (ECG) saat memeriksa kesehatan seseorang, dan kabarnya temuan ini akan segera dirilis.

Teknologi Bio Prosesor adalah sebuah system in package (SIP) yang mengimplementasi flash memory yang tertanam pada prosesor 45-nm, aplikasi prosesor (AP), dan Bluetooth dalam satu paket dan memiliki ukuran dan ketebalan yang minimal.

Direktur Eksekutif Samsung Electonics LSI Business Department Park Yong memperkenalkan Bio Prosesor dalam International System on Chip Design Conference (ISOCC) 2015 yang digelar di Hyundai Hotel di Kyeongbuk, Korea Selatan.

Samsung Electronics menyebutkan sensor EKG tak hanya dapat memantau kondisi kesehatan seseorang, tetapi juga dapat digunakan untuk membedakan informasi antara satu orang dengan orang lainnya. Karena manusia memiliki detak jantung yang berbeda, akan sulit untuk menyalin detak jantung dan sangat mungkin untuk membedakan satu dengan yang lain.

Jika seseorang memakai gelang yang memiliki sensor EKG, maka ia bisa mendapatkan jadwal dan informasi pribadi nya pada tempat perjalanan bisnis dengan melakukan login otomatis ke nya PC tanpa harus memasukkan password. Sensor EKG juga dapat memungkinkan pintu mobil atau pintu rumah dibuka secara otomatis tanpa menggunakan kunci yang terpisah.

Ralph Lauren, perusahaan pakaian internasional, belum lama ini telah menunjukkan Smart Shirts yang menggunakan sensor ECG pada ajang Tenis  AS Terbuka tahun lalu. Jika seorang atlet memakai Kaos Pintar ini, maka kaos otomatis akan mengukur EKG dan memungkinkan pelatih untuk memberikan pembinaan yang tepat dengan mengetahui detak jantung seorang atlet, pencapaian kinerja, dan tingkat stres saat latihan pernapasan.

“Tidak hanya berguna untuk atlet, orang normal juga dapat menggunakan sensor ini untuk tujuan obyektif, seperti memeriksa berapa banyak dia marah atau gelisah,” Kata Direktur Eksekutif Park Yong In. Bio Prosesor memberikan fungsi seperti algoritma, software, dan koneksi nirkabel di platform referensi sehingga dapat mendukung konsep mobile health. Komponen Bio prosesor terdiri dari Hal ini (Application Protocol) AP Samsung Electronics, BP, Power IC Manajemen (PMIC), CMOS Image Sensor (CIS), Display Driver IC (DDI), WiFi, Touch Controller, dan Security Smart Card.
Baca juga: Samsung Stripe & Band, Prototipe Baterai Wearable Devices Berkapasitas Besar

Ukuran perangkat ini lebih kecil 75% lebih kecil dari chip tunggal 130-nm berkat teknologi pengolahan 45-nano. Selain digunakan untu ECG, terobosan Samsung Electronics ini dapat digunakan untuk Photo plethysmograph (PPG) yang mengukur laju aliran darah dan bakteri uji inhibisi (BIA) untuk mengetahui kadar lemak pada tubuh.