ArenaLTE.com – Samsung memang membongkar beberapa fitur andalan Galaxy Note 7 dalam peluncurannya beberapa waktu lalu. Tapi masih ada beberapa kejutan tersembunyi di dalam smartphone tersebut lho. Salah satunya, Samsung Galaxy Note 7 ternyata merupakan handset pertama yang secara komersial mendukung 4×4 MIMO untuk koneksi ke 4 band LTE secara simultan.
BACA: Samsung Galaxy Note 7, Generasi Baru Super Ngebut dengan LTE Cat 9

Secara teori, pengguna smartphone yang mendukung 4×4 MIMO bakal menikmati jaringan yang lebih kencang dan stabil. Kemudian efisiensi network atau jaringan secara keseluruhan pun mengalami peningkatan. 4×4 MIMO atau Multiple Input Multiple Output ini menggunakan 4 antena untuk menjaga koneksi dengan tower atau menara BTS yang memancarkan layanan seluler.

4x4 MIMOBukan hanya itu, 4×4 MIMO selain memungkinkan handset menerima data dalam kecepatan lebih tinggi juga menyediakan channel alternnatif saat antena lain tak bisa menjaga koneksinya secara lancar. Secara teori, nantinya juga bisa berujung pada efisiensi baterai handset yang lebih baik. Meski fakta di lapangan kerap berbeda, tapi banyak keuntungan yang ditawasrkan teknologi ini.

Keberadaan 4×4 MIMO dalam Samsung Galaxy Note 7 ini sendiri ditemukan di salah satu toko operator telekomunikasi AS (T-Mobile). Tapi dukungan 4×4 MIMO ini hanya terbatas pada handset yang mendukung modem X12 LTE buatan Qualcomm. Teknologi ini hanya menyusup dalam Galaxy Note 7 berbasis Snapdragon 820. Jadi tak bakal ditemukan dalam varian berbasis chipset Exynos.

Fitur ini terbenam dalam Qualcomm Snapdragon 820, tapi hanya untuk handset yang menyisipkan empat antena, mengakomodasi koneksi yang simultan. Dan, hardware yang terbenam dalam Samsung Galaxy Note 7 kebetulan mendukung semuanya. Di atas kertas, 4×4 MIMO bisa mereduksi drop call saat melakukan panggilan via voLTE.

Sayangnya, tower operator yang mendukung 4×4 MIMO sendiri masih langka. T-Mobile sendiri hanya memiliki segelintir tower yang mendukung 4×4. Bahkan, operator AS yang lain seperti AT&T dan Verizon belum punya tower sejenis.

Untuk mengingatkan, Samsung Galaxy Note 7 adalah smartphone berbasis layar Super AMOLED dengan bentang 5,7 inci disuntik resolusi QuadHD. Seri ini termasuk anti air dan anti debu berkat dukungan sertifikasi IP68. Bahkan S Pen atau stylus-nya pun anti air dan anti debu serta mampu bekerja dalam kondisi basah. Salah satu sorotan di ponsel ini adalah keberadaan pemindai iris mata.