ArenaLTE.comSamsung mulai terjun ke industri otomotif melalui bisnis Connected Cars. Alih-alih membuat sebuah mobil baru dengan koneksi yang canggih, Samsung menghadirkan sebuah alat yang bernama Samsung Connect Auto yang merupakan sebuah auto Dongle yang dapat memberikan akses koneksi internet 4G LTE kepada sebuah mobil lama sekalipun. Sebuah perangkat yang ditancapkan ke mobil untuk dapat berkomunikasi dengan kita.

Di era sekarang ini akan sangat banyak kita temui mobil canggih yang terkoneksi (connected cars) seperti mobil Apple CarPlay atau Android Auto. Tentu saja untuk dapat menikmati sistem mobil yang canggih seperti ini kita harus merogoh kocek yang cukup dalam dan menambahkan ribuan dollar uang tambahan untuk dapat menikmati kecanggihan sistem dalam mobil baru yang canggih.

Peluang inilah yang dilihat oleh Samsung, karena mobil lama yang beredar jauh lebih banyak daripada mobil baru, dan untuk mempermudah pengguna mobil dapat mengupgrade mobilnya menjadi lebih canggih Samsung menciptakan sebuah alat bernama Samsung Connect Auto yang cukup ditancapkan ke mobil lama kita, maka akan memiliki sistem canggih dan koneksi berkecepatan 4G LTE.

samsung connect autoSamsung Connect Auto Dongle ini dapat dipasangkan ke port diagnostik OBD II mobil kita (biasanya mobil keluaran hingga 20 tahun yang lalu sudah memiliki port ini). Kemudian membiarkan driver dongle tersebut untuk memonitor segala performa dan aktifitas dari mobil kita termasuk melacak lokasinya. Samsung Connect ini juga berfungsi sebagai WiFi Hotspot untuk melakukan koneksi internet dengan perangkat lain selama berada didalam mobil tersebut.

Samsung sendiri sangat fokus terhadap sisi fitur keamanannya, seperti fitur emergency alerts yang akan secara otomatis menghubungi nomor penting ketika terjadi kecelakaan termasuk fitur geo-fencing dan driver alogarithme yang akan sangat berguna bagi orangtua untuk melacak keberadaan anak-anaknya ketika sedang membawa mobil.

Kehadiran Samsung Connect Auto ini juga dapat menghemat biaya BBM dan service, kita akan diberikan data lengkap analisis mengenai konsumsi BBM yang dihabiskan untuk setiap jarak perjalanan dan update harga BBM sehingga dapat diperhitungkan jarak dan konsumsi BBM agar dapat hemat. Juga sejak ditancapkan Samsung Connect ini akan mendiagnosa mobil kita kapan harus dilakukan service dan perawatan dari awal tanpa harus menunggu kondisi lebih parah untuk menghemat biaya servis.

Samsung Connect Auto ini mengoperasikan sistem operasi asli buatan Samsung yang bernama Tizen OS dan akan segera tersedia untuk pasaran umum pada wuarter kedua tahun ini. Pada tahap awal Samsung mengatakan bahwa operator AT&T yang akan menjadi operator pertama yang bekerjasama menawarkan Samsung Connect ini untuk Amerika Serikat lengkap dengan layanan koneksi akses berkecepatan 4G LTE dan Samsung juga berencana untuk menebarkan alat ini ke seluruh dunia. Samsung belum mengumumkan secara pasti berapa harga pasaran dari Samsung Connect Auto ini.