ArenaLTE.com – Perusahaan chipset asal Amerika Serikat, Qualcomm Inc, mengumumkan bahwa prosesor mobile terbarunya kini ditanamkan modem X5 LTE dan modem internet of thinngs (IoT). Modul ini sebagai dukungan untuk menghadirkan dukungan konektivitas 4G seluler dan edge processing yang lebih optimal dalam perangkat mobile.

Qualcomm juga telah memastikan penggunaan prosesor ini telah memiliki lebih dari 100 desain di lebih dari 60 original equipment manufacturers (OEMs) dan modul OEM berdasarkan jajaran chipset MDM9x07 yang terdiri dari modem X5 LTE (9×07) dan modem Internet of Things (IoT) MDM9207-1.

Modem tersebut juga diklaim telah dirancang untuk mengatasi permasalahan konsumen terkait daya dan konektivitas di berbagai penerapan, termasuk smart cities, aplikasi komersil, dan desain industri. Penggunaannya juga dapat diterapkan untuk smart energy dan metering, membangun otomisasi kontrol keamanan, infrastruktur, dan industri, retail point of sales, pelacakan aset, kesehatan, pencahayaan, hingga aftermath telematics.

Qualcomm Snapdragon Wear 1100

Modem LTE Snapdragon X5 dengan kemampuan All Mode mendukung LTE Category 4 dengan kecepatan download hingga 150Mbps. Sementara itu, modem MDM2907-1 menawarkan dukungan LTE Category 1 untuk kecepatan downlink hingga 10Mbps, mode power save (PSM) dan dua baterai AA dengan daya tahan 10 tahun.

Dua modem ini dirancang untuk dapat sesuai dengan standar seluler utama di seluruh dunia, termasuk dukungan OS Linux, prosesor ARM Cortex A7, dukungan pre-integrated Wi-Fi Qualcomm VIVE 802.11ac dengan teknologi MUMIMO, Bluetooth 4.2, Bluetooth Low Energy, dan GNSS terintegrasi.

“Modem LTE untuk IoT yang kami miliki memungkinkan kami membawa kekuatan dan fleksibilitas teknologi modem yang sama yang telah diluncurkan di dalam ratusan juta perangkat secara global, sehingga pelanggan dapat mengadopsi penggunaannya di berbagai aplikasi komersil dan industri, di mana konektivitas seluler untuk wilayah yang luas dapat menambah manfaat yang luar biasa,” kata Serge Willenegger, senior vice president, product management, Qualcomm Technologies dalam keterangannya.

Ia juga menuturkan momentum ini juga menunjukkan penerimaan yang luas terhadap solusi LTE IoT yang dihasilkan perusahaan di berbagai area IoT. Qualcomm menginginkan untuk membantu membuat industri di seluruh dunia lebih terhubung, efisien, dan berkelanjutan dari yang ada saat ini.

Modem MDM9206 yang dimiliki dalam jajaran chipset kembangan Qualcomm, dari keluarga seri MDM9x07 menampilkan desain IoT purpose-built dan menawarkan konsumsi daya lebih rendah, serta mendukung cakupan LTE eMTC (Kategori M1) dan mode NB-IoT (Kategori NB-1) yang lebih luas.

Perangkat IoT komersial yang berbasis Snapdragon X5 (9×07) dan modem LTE MDM9207-1 saat ini telah tersedia, dan perangkat lainnya akan segera tersedia. Modul untuk OEMs yang berbasis MDM9206 Cat M1 diharapkan meluncur pada awal 2017. Sementara itu, upgrade software untuk Cat NB-1 ini diharapkan akan segera tersedia.

Manfaat dan kemampuan modem LTE Qualcomm Technologies untuk IoT akan diperlihatkan di booth Qualcomm (#N2.338 di Hall N1) dalam acara Mobile World Congress Shanghai mendatang yang berlangsung di Shanghai New International Exhibition Center pada tanggal 29 Juni sampai 1 Juli.