ArenaLTE.com – Bagi para gadget freak, tentu sudah mengetahui bahwa Qualcomm adalah salah satu pembuat prosesor mobile paling handal. Mereka memiliki beberapa line-up prosesor mulai dari kelas low-end hingga high-end. Di kelas premium, terdapat generasi prosesor Snapdragon 800, dirancang untuk mendukung pengalaman pengguna mobile yang superior. Yang baru saja dirilis adalah Qualcomm Snapdragon 821 yang merupakan suksesor dari Snapdragon 820.

Di generasi terbaru ini, Qualcomm Technologies menggabungkan teknologi mobile terbaru. Mereka menambah fitur-fitur generasi terdepan dan mengintegrasi modem Snapdragon LTE tercanggih untuk memberikan pengalaman konektivitas pengguna (UX) yang kuat.

Director Marketing Qualcomm Technologies Mark Shedd mengatakan di antara perkenalan teknologi-teknologi utama, pihakya selalu mencari peluang untuk berinovasi. Mereka secara rutin memperkenalkan fungsionalitas baru dan mengoptimasi performa, merespon masukan konsumen, serta meningkatkan fitur yang ada.

“Seluruhnya dilakukan guna meningkatkan performa prosesor Snapdragon sehingga OEMs dapat membuat fitur-fitur baru dan memberikan inovasi atau meningkatkan pengalaman pengguna di perangkat premium mereka di masa mendatang,” ujar Mark dilansir dari blog Qualcomm.

Seperti halnya Snapdragon 820 yang telah menjadi jantung di berbagai perangkat Android premium, Qualcomm Snapdragon 821 diperkirakan akan menjadi pilihan untuk perangkat smartphone di masa liburan tahun ini. Para insinyur di perusahaan teknologi yang bermarkas di San Diego, AS ini telah memberikan peningkatan pada Qualcomm Snapdragon 821 di tiga area utama untuk memastikan prosesor anyar ini memenuhi standar untuk menjadi pemimpin pasar seperti yang telah diraih oleh prosesor sebelumnya.

Snapdragon-821

Apa saja itu? Yuk kita ulas satu per satu:

Peningkatan user experience:
Jika dibanding dengan 820, Qualcomm Snapdragon 821 secara khusus dirancang untuk mendukung pengalaman yang lebih responsif bagi pengguna, dengan mencakup:

  • Waktu boot yang lebih singkat: Perangkat yang ditenagai Snapdragon 821 memiliki waktu boot 10% lebih cepat.
  • Waktu membuka aplikasi lebih cepat: Snapdragon 821 dapat mengurangi waktu loading aplikasi hingga 10%.
  • Interaksi antar muka yang lebih halus dan responsif: Optimisasi UI dan peningkatan performa dirancang untuk memungkinkan pengguna menikmati pengalaman scrolling layar lebih halus dan performa browsing yang lebih reponsif.

Peningkatan performa dan konsumsi daya:

  • Peningkatan kecepatan CPU: Seperti yang telah kami umumkan sebelumnya, Snapdragon 821 menggunakan CPU Qualcomm Kryo dengan kecepatan 2,4 GHz dan performa 10% lebih baik dibanding Snapdragon 820.
  • Peningkatan kecepatan GPU: GPU Qualcomm Adreno mengalami peningkatan kecepatan sebesar 5% dibanding Snapdragon 820.
  • Hemat Daya: Snapdragon 821 diciptakan untuk penambahan penghematan daya sebesar 5% jika dibanding dengan penggunaan normal. Penghematan daya ini dapat memperpanjang usia baterai dan mendukung keinginan OEM dalam mengurangi ukuran baterai untuk menciptakan perangkat yang lebih ramping.

Fitur dan fungsi baru:
Qualcomm Snapdragon 821 memperkenalkan beberapa fitur dan fungsi baru. Sehingga bagi OEM (original equipment manufactor) atau produsen smartphone memberikan pilihan pilihan untuk menciptakan pengalaman pengguna lebih menarik. Prosesor ini memiliki dukungan di antaranya untuk :

  • Snapdragon VR SDK (Software Development Kit ): Menawarkan developers perangkat software VR mobile unggul yang kompatibel dengan platform Google Daydream dan akses ke arsitektur beragam Snapdragon 821 yang tangguh. Snapdragon VR SDK mendukung kualitas audio dan video yang unggul dan realita virtual yang mendalam dalam pengalaman bermain gim di skala mobile.
  • Dual PD (PDAF): Menawarkan pengambilan autofocus gambar yang lebih cepat dalam berbagai jenis keadaan dibanding solusi PDAF tunggal.
  • Extended Laser Auto-Focus Ranging: Memperlebar visible focusing range dan meningkatkan akurasi laser focal.
  • Android Nougat OS: Qualcomm Snapdragon 821 akan mendukung pembaruan terbaru dari Android, menawarkan fitur-fitur baru, memperluas kompabilitas dan memberikan
    keamanan tambahan dibanding versi Android terdahulu.

Yang cukup menarik, jika biasanya merek smartphone yang memakai prosesor terbaru Qualcomm adalah pelanggan lama seperti HTC, LG, dan lainnya, kali ini Asus bermain gesit. Jika di dua seri sebelumnya mempercayakan pada Intel, maka seri Asus ZenFone 3 Deluxe sepenuhnya mempercayakan pada Qualcomm. Sekaligus menjadi smartphone premium pertama yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 821.