ArenaLTE.com – Setelah mencapai kejayaan tertinggi dalam pasar chipset dan prosesor smartphone, Qualcomm pun berambisi melebarkan sayapnya untuk memasok prosesor untuk drone dan smart car. Dan hal tersebut dibuktikan dengan diluncurkannnya prosesor seri Snapdragon 820A yang disasar khusus untuk mendukung industri otomotif, khususnya pada implementasi smart car.

Qualcomm Snapdragon 820A sejatinya adalah pengembangan dari keluarga prosesor Snapdragon 820 yang populer digunakan pada smartphone high end. Bagi Qualcomm, ini bukan pertama kalinya mereka meluncurkan prosesor untuk kebutuhan otomotif, sebelumnya telah ada Snadragon 602A yang diluncurkan pada tahun 2014.

Snapdragon 820A menawarkan keunggulan dengan standar Snapdragon 820 chip on board. Dukungan pada prosesor ini mencakup CPU (Central Processing Unit) Kryo 64 bit dan GPU (Graphic Processing Unit) Adreno 530. Dari spesfikasinya, Snapdragon 820A mampu mendukung koneksi mobile broadband 4G LTE (Long Term Evolution) 600 Mbps. Menyesuaikan kebutuhan manufaktur kendaraan, prosesor Snapdragon 820A juga dapat mengkoneksikan fungsi infotainment dan navigasi pada kendaraan.

Meski telah meluncurkan prosesor terbaru untuk kendaraan, bukan berarti Qualcomm akan menghentikan produksi Snapdragon 602A, pasalnya beberapa pabrikan otomotif seperti Audi baru akan mengimplementasikan Snapdragon 602A pada line up produk kendaraan untum tahun 2017. Snapdragon 820A dirancang untuk dapat beroperasi pada platform populer seperti Android Auto, Car Play dan QNX.  Qualcomm juga menyebut akan mendukung penuh update versi pada manufaktur, dan kemudian manufaktur dapat memberikan update software lewat OTA (over the air).

Snapdragon 820A yang baru saja diperkenalkan pada ajang CES (Consumer Electronic Show) 2016 di Las Vegas, AS rencananya bakal mulai dikirimkan sampel hardware-nya  ke pihak manufaktur otomotif  pada kuartal pertama tahun ini. Dengan roadmap yang dijabarkan Qualcomm, maka smart car dengan dukungan Snapdragon 820A diperkirakan belum akan meluncur pada akhir tahun 2016.

Snapdragon 820 memiliki teknologi Zeroth untuk mempelajar kebiasaan penguna dan analisa kemampuan procesor. Menjadi procesor pertama buatan Qualcomm dengan arsitek Kryo serta proses FinFET. Snapdragon 820 juga dibuat oleh Samsung dengan teknologi 14nm. Teknologi yang sama untuk procesor Apple Next A9. Qualcomm memilih Samsung karena mereka memiliki mesin produksi chip 14nm. Sedangkan pabrik TSMC hanya memiliki fasilitasi 20nm dan belum siap untuk 14nm. Informasi terbaru procesor Snapdragon 820 akan memiliki kecepatan 3Ghz, dan nama procesor diberikan dengan Kryo.