ArenaLTE.com – Qualcomm terus mengembangkan produknya agar bisa dimanfaatkan dan selalu sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Bukan hanya fokus di smartphone saja, teknologi yang dimilikinya terus dikembangkan untuk mendukung berbagai industri seperti Internet Of Things (IoT), bidang kesehatan, bidang pendidikan, layanan publik, bahkan mobil yang terkoneksi (Connected Cars).

Qualcomm mengklaim menjadi pemimpin untuk urusan konektivitas di bidang otomotif. Sudah lebih dari 340 juta chip yang dipasarkan kepada lebih dari 20 produsen otomotif. Belum lama ini, di ajang TU Automotive Detroit, Qualcomm Technologies mengumumkan Qualcomm Connected Car Reference Platform (Platform Referensi untuk Mobil Terhubung) yaitu sebuah sistem fleksibel yang bertujuan untuk mempercepat adopsi dari penerapan koneksi wireless untuk mobil canggih terbaru (Connected Cars).

Platform ini dirancang khusus ini difasilitasi dengan teknologi terbaru seperti 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, dan komunikasi melalui vehicle-to- everything (V2X) sambil tetap selaras dengan kerja jaringan nirkabel, layanan future-proofing, dan arsitektur in-car hardware dalam skala besar.

Platform khusus untuk mobil yang terkoneksi (Connected Cars) buatan Qualcomm ini mengintegrasikan beragam produk Qualcomm yang sudah ada, seperti diantaranya modem LTE Qualcomm X12 dan X5, quad-constellation Global Navigation Satellite System (GNSS) dan solusi pencari lokasi 2D/3D Dead Reckoning (DR).

Qualcomm connected carsTeknologi lain yang di kolaborasikan adalah Qualcomm® VIVE™ Wi-Fi®, Dedicated Short Range Communications (DSRC) untuk V2X, Bluetooth, Bluetooth Berdaya Rendah dan kemampuan penyiaran, seperti penyetem analog dan digital yang menggunakan perangkat lunak khusus radio melalui chip Qualcomm® tuneX.

Selain itu, platform ini juga menghadirkan teknologi jaringan dalam kendaraan, seperti Gigabit (OABR) Ethernet dengan Automotive Audio Bus (A2B) dan interface Controller Area Network (CAN).

Platform Referensi untuk Mobil Terkoneksi (Connected Casr) milik Qualcomm ini diperkirakan akan tersedia di pasaran pada akhir tahun 2016 ini. Kehadiran Platform Referensi untuk Mobil Terkoneksi (Connected Cars) ini akan memungkinkan para produsen dan pemasok mobil untuk mencari peluang-peluang baru, membuat sample, dan mengomersialkan desain teknologi ini menggunakan modul dan solusi yang diberikan oleh Qualcomm Technologies.