ArenaLTE.com – Pada ajang 4G/5G Summit di Hong Kong, Qualcomm memperkenalkan rangkaian prosesor terbaru mereka. Kali ini yang diumukan adalah kehadiran prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon untuk kelas menengah (mid-level) dari keluarga seri Snapdragon 400 dan Snapdragon 600.

prosesor terbaru qualcomm snapdragonYang pertama yaitu seri Qualcomm Snapdragon 427 yang disebut-sebut sebagai generasi penerus dari chipset prosesor seri sebelumnya Snapdragon 425. Perubahan paling besar yang dilakukan terhadap seri terbaru prosesor Qualcomm Snapdragon 427 adalah dimasukkannya modem LTE X9 Qualcomm.

Jadi meskipun harganya terjangkau, kehadiran modem LTE X9 membuat prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 427 ini mampu mendukung koneksi 4G LTE Cat 7 dengan kecepatan download maksimal mampu menyentuh kecepatan hingga 300Mbps.

Prosesor terbaru Qualcomm ini juga sudah terintegrasi dengan DSP, mampu mendukung untuk pengaturan dual kamera dan juga dukungan penuh dari teknologi Qualcomm TruSignal untuk meningkatkan kemampuan penerimaan jaringan.

Meskipun Qualcomm belum menerangkan secara spesifik angka detailnya, namun yang pasti prosesor terbaru ini telah mengalami peningkatan yang signifikan. Seperti kemampuan prosesor untuk mendukung RAM hingga 8GB dan juga fitur Quick Charge 3.0. termasuk peningkatan kecepatan dari CPU dan GPU.

Selanjutnya, Qualcomm juga meluncurkan chipset Snapdragon 626 yang juga dilengkapi dengan modem LTE X9 yang mendukung kecepatan 4G LTE Cat 7 (downlink). Secara keseluruhan performa dari Snapdragon 626 ini mengalamipeningkatan kinerja hingga 10 persen, dengan angka maksimal kecepatan prosesor hingga 2.2GHz. Prosesor ini juga dilengkapi dengan teknologi TruSignal Qualcomm dan beberapa fitur dengan dukungan untuk dual kamera dan Quick Charge 3.0.

prosesor terbaru qualcomm snapdragonDan yang terakhir diumumkan yaitu prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 653 yang merupakan generasi penerus dari seri Snapdragon 652. Qualcomm Snapdragon 653 ini jika dibandingkan dengan seri sebelumnya mengalami peningkatan performa hingga 10 persen dan meningkatkan performa kecepatan prosesor hingga maksimal 1.95GHz (seri sebelumnya Snapdragon 652 hanya 1.8GHz).

Prosesor Terbaru Qualcomm Snapdragon 653 ini juga mendukung kemampuan RAM maksimal hiingga 8GB, dual camera setup, dan Qualcomm’s X9 LTE modem termasuk fitur Enhanced Voice services yang memungkinkan panggilan telepon VoLTE terdengar lebih jernih dan baik.

prosesor terbaru qualcomm snapdragonRencananya Prosesor Terbaru Qualcomm Snapdragon 653 dan 626 ini akan mulai tersedia dipasaran pada akhir tahun 2016 ini, sedangkan untuk prosesor Snapdragon 427 rencananya akan mulai tersedia pada awal tahun 2017 mendatang.