ArenaLTE.com – Perangkat canggih sudah pasti dibangun dari seabrek perangkat sensor, dan raksasa Google telah menunjukkan ketertarikan pada sensor berbasis teknologi radar yang dikenal sebagai Project Soli. Proyek futuristik yang dikerjakan salah satu divisi Google, yaitu ATAP (Advanced Technology and Project) ini sudah diperkenalkan di ajang Google I/O 2015 lalu.

Pada dasarnya, Project Soli adalah sistem yang mengadaptasikan metode radar ke dalam hardware kecil yang memungkinkan pelacakan melalui tangan dan jari, sehingga software dapat mengenali gerakan tangan dengan presisi dan akurasi tinggi. ATAP telah memperbaiki aspek hardware dan software dalam Project Soli. Pada sisi hardware, generasi kedua chip Soli hanya sepertiga ukuran asli dari alpha developer kit.

Yang lebih mengesankan, chip baru yang dirancang bersama Infineon ini hanya membutuhkan daya 0,054 W (sebelumnya 1,2W). Meski kerja radar umumnya membutuhkan daya besar, tim Project Soli mengklaim bisa menkan konsumsi dayanya hinga 256x lebih efisien daripada pendahulunya dan tetap akurat (sanggup) dalam menginterpretasikan gerakan tangan pada rate 18.000 fps. Kemajuan inilah yang mendorong tim Project Soli untuk mengaplikasikannya pada smartwatch yang realtif kecil ukurannya.project-soli

Google mengumpulkan show reel beberapa hasil dari pengembang yang telah mampu mengembangkan Sistem Soli, termasuk dalam mobil pengenal isyarat, deteksi obyek, dan bahkan alat komposisi musik hands-free. Google juga telah bekerja untuk mengecilkan Soli dan secara drastis mengurangi kebutuhan daya, sehingga akhirnya mampu mengelola dan cocok dalam LG Watch Urbane yang dimodifikasi.

Kehadiran hardware radar di smartwatch memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat yang dapat dikenakan tanpa perlu melakukan kontak dengan touchscreen yang kecil. Pengguna justru bisa santai melambaikan tangan mereka di udara. Teknologi ini kabarnya bisa dipakai untuk memungkinkan seseorang mengubah volume suara pada sebuah radio tanpa harus menyentuh tombol.

Meski masih dalam status pengembangan, Project Soli sudah mengundang minat beberapa produsen hardware. Di antaranya LG dan produsen speaker Harman yang telah mulai bekerja sama dengan Google mengembangan produk yang mengadopsi teknologi dari Project Soli tersebut.
Apabila LG tertarik membuat smartwatch (LG) yang bisa dikontrol dengan gesture tangan, Harman bersama Google akan mencoba mengembangkan speaker berteknologi Project tersebut.