ArenaLTE.com – Segala sesuatu yang bergenre wearable kini tengah booming. Setelah kita begitu sering disuguhkan berita tentang wearable device, kini giliran ada yang namanya wearable battery. Yang dimaksud disini adalah baterai yang melekat pada kostum pakaian penggunanya. Tentu saja konsep ini menawarkan beberapa keunggulan, diantaranya sanggup melakan self charging mengandalkan energi kinetik dari olah gerak penggunanya.

Wearable battery berangkat dari pengembangan teknologi generator piezoelectric dan triboelectric yang mengolah energi gerak (kinetik) menjadi momentum listrik. Ide ini digagas berdasarkan kebutuhan dari US Army dan USMC (US Marice Corps) untuk menyiapkan suplai energi listrik bagi prajurit yang berada di medan operasi.

powerwalk kinetic generator-1

Dari kebutuhan diatas, kemudian Bionic Power, perusahaan elektronik yang berbasis di Vancouver, Kanada memperkenalkan inovasi yang disebut PowerWalk. Perangkat wearable battery ini disematkan disekitar lutut prajurit, dan otomatis akan melakukan pengisian energi saat sang prajurit berjalan.

PowerWalk terdiri dari fitur gearbox yang dapat mengkonversi kecepatan rotasi lutut ke dalam onboard power generator yang selanjutnya dapat menciptakan pasokan listrik. Hasilnya dapat dicapai 10 sampai 12 watt listrik, yang kemudian diubah untuk mengisi baterai Li-ion atau NiMH.

Bila seorang prajurit mengenakan PowerWalk di setiap kakinya, maka setelah satu jam berjalan dengan kecepatan yang wajar, energi yang dihasilkan mampu men-charge empat smartphone. PowerWalk juga mampu menganalisis kinerja si pemakai untuk menentukan waktu yang paling efisien untuk menghasilkan tenaga. Pihak Bionic Power mengklaim manfaat sekunder dari PowerWalk dapat mengurangi kelelahan otot selama berjalan menurun. Terlebih dengan desain yang mirip protector, PowerWalk juga dapat menurunkan risiko cedera lutut.

“Biasanya seorang prajurit infanteri membawa bekal 7 – 9 kg baterai untuk misi operasi selama 72 jam. Dengan hadirnya PowerWalk tentu saja ini merupakan keuntungan tersendiri bagi prajurit yang ada di medan perang,” ujar Noel Soto, US Army Systems Engineer

Pihak US Army dan USMC saat ini terus melakukan uji coba pada PowerWalk, bila tak ada halangan kontrak pengadaan wearable battery untuk kebutuhan militer AS akan ditandatangani pada pertengahan tahun depan. Di luar itu, pihak Bionic Power juga berharap agar PowerWalk juga dapat diluncurkan untuk pasar komersial. Bukan tak mungkin, nantinya PowerWalk dapat menggantikan peran powerbank untuk smartphone kesayangan Anda.