ArenaLTE.com – Sistem air gapping atau kedap udara adalah metode yang biasa digunakan untuk jaringan komputer di tempat-tempat dengan keamanan ketat seperti pembangkit listrik tenaga nuklir. Biasanya ini dicapai dengan mencegah komputer masuk ke jaringan Internet publik juga melarang mencolok USB ke komputer. Ketika pekerjaan diklasifikasikan atau melibatkan rahasia dagang sensitif, perusahaan sering menerapkan aturan ketat membawa smartphone ke ruang kerja, karena ini bisa dengan mudah berubah menjadi perangkat untuk meretas. Namun para peneliti di Israel telah menemukan metode baru untuk mencuri data hanya dengan menggunakan jaringan GSM, gelombang elektromagnetik dan ponsel murahan alias low-end. Dengan temuan ini, ponsel hack komputer berkeamanan tinggi.

Para peneliti menyebutkan temuan mereka dalam ponsel hack komputer berkeamanan tinggi sebagai “terobosan” dalam penggalian data dari sistem air gapped. Temuan ini dapat berfungsi sebagai peringatan bagi perusahaan dan instansi pemerintah, bahwa mereka perlu segera “mengubah pedoman keamanan dan melarang karyawan juga pengunjung membawa perangkat yang mampu mencegat sinyal RF, “ujar Yuval Elovici, direktur Pusat penelitian Cyber Security di Ben-Gurion University of the Negev, di mana penelitian dilakukan.

Serangan ini dilakukan dengan mengeksploitasi kemampuan alami masing-masing perangkat untuk memancarkan data. Komputer, misalnya, secara alami memancarkan radiasi elektromagnetik selama operasi normal, dan ponsel secara umum dapat menerima sinyal tersebut. Kedua faktor dikombinasikan menciptakan cara terselubung agar ponsel hack komputer berkeamanan tinggi.

Penelitian ini didasarkan pada penelitian tahun lalu menggunakan smartphone untuk secara nirkabel mengambil data dari computer air gapped. Tapi cara terdahulu melibatkan sinyal radio yang dihasilkan oleh kartu video komputer yang dijemput oleh penerima radio FM di smartphone.

Cara terkini menggunakan metode yang berbeda untuk transmisi data dan untuk menerobos lingkungan di mana bahkan smartphone dibatasi. Ponsel hack komputer berkeamanan tinggi hanya dengan ponsel fitur sederhana yang sering diizinkan masuk ke tempat-tempat sensitif. Karyawan manufaktur Intel, misalnya, hanya dapat menggunakan “telepon perusahaan dengan fitur suara dan pesan teks dasar” yang tidak memiliki kamera, video, atau kemampuan Wi-Fi.

Meskipun serangan itu memungkinkan hanya sejumlah kecil dari data yang akan diambil ke telepon di dekatnya, tapi hal itu cukup untuk memungkinkan untuk meretas password atau bahkan kunci enkripsi dalam satu atau dua menit. Bahkan dengan ponsel hack komputer berkeamanan tinggi, apa sudah saatnya instansi pemerintah dan perusahaan melarang penggunaan ponsel sepenuhnya?