ArenaLTE.com – Sosok drone yang dikendalikan lewat smartphone tentu sudah sering kita dengar. Tapi kali ini ada sosok drone yang justru rancang bangunnya berasal dari body smartphone itu sendiri. Hal ini bukan isapan jempol. X Craft, sebuah startup pembuat drone merancang phone drone dengan pemeran utama adalah smartphone.

Nantinya phone drone tersebut pun dapat dikendalikan melalui perangkat pintar. Anda dapat menjadikan smartphone sebagai drone pribadi, untuk membantu aktivitas sehari-hari. Semisal mengawai keadaan rumah, memotret, dan lainnya. Bagaimana caranya? Phone drone yang dibuat oleh X Craft dapat menggunakan smartphone sebagai mesin (motornya). Di bagian tengah drone terdapat, slot untuk meletakan smartphone. Sedangkan untuk mengontrol drone itu, diperlukan satu smartphone lagi yang dipasangi sebuah aplikasi. Untuk menggunakan drone tersebut, diperlukan dua buah smartphone, yang satu bertindak sebagai motor dan satunya lagi sebagai remote.

phone drone

Dalam video berdurasi empat menit yang ditampilakan oleh X Craft, aplikasi Phone Drone dapat digunakan mengatur rencana penerbangan, hingga memutuskan seberapa tinggi drone akan terbang. Phone Drone nantinya akan dirilis agar dapat kompatibel dengan iOS dan Android.

X Craft sendiri mengatakan bahwa tidak diperlukan keahlian dalam bermain drone untuk dapat menerbangkan Phone Drone  ini. Mereka juga mengatakan, “buat apa memiliki smartphone mahal dengan prosesor handal, namun tidak dimaksimalkan? Dengan PhoneDrone, kita akan mendapatkan pengalaman yang tidak pernah didapatkan dalam memaksimalkan fungsi smartphone.” Dengan dilengkapi aplikasi yang mendukung, hasil kamera dari smartphone yang berada pada perangkat PhoneDrone dapat dinikmati oleh perangkat lain dengan koneksi WiFi.

Drone ini juga dapat dikendalikan di perangkat pintar seperti smartwatch, misal saja digunakan untuk mengambil gambar. Selain itu, dengan ukuran yang bisa dibilang kecil, drone untuk smartphone ini mudah dan praktis untuk dibawa kemana-mana. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak video di bawah ini: