ArenaLTE.com – Ketika smartphone dapat berkonvergensi dengan hal apa pun, maka vendor punya berjuta peluang untuk melakukan inovasi untuk kepentingan produk di masa depan. Wujudnya bisa dilihat seperti seringnya suatu vendor mendaftarkan paten atas suatu fitur atau desain. Salah satu vendor yang getol mendaftarkan paten adalah Apple yang baru-baru ini mematenkan iPhone sebagai senjata laser tug gun.

Perusahaan yang berbasis Cupertino ini berencana untuk membuat iPhone sebagai alat untuk bersenang-senang lewat permainan. Kabar terbaru yang dikutip dari Patenlyapple menunjukkan bahwa sosok iPhone kali ini digadang untuk bisa dijadikan sebagai laser tug gun yang dipersiapkan untuk mendukung aplikasi gaming tembak-tembakan ala Virtual Reality.

Pada dasarnya paten ini menunjukkan bagaimana iPhone bisa digunakan sebagai senjata laser tag. Fitur yang berperan pada smartphone akan bergantung pada kemampuan akselerometer, Bluetooth, WiFi, dan akses seluler. Selain itu juga akan bergantung pada pemetaan alat dalam ruangan Apple dimana pemilik iPhone bisa men-setup game multiplayer kemudian dapat bermain satu sama lain.

laser tug gunSayangnya tidak ada jaminan bahwa Apple bakal memproduksi rancangan dari paten ini. Sebagai informasi, laser tag adalah game dimana antar tim akan berkompetisi untuk mendapatkan skor paling tinggi, caranya dengan menembak lawan pakai laser, atau istilahnya “tagging”. Game ini mirip dengan Airsoft Gun atau Paintball, tapi dijamin tak menimbulkan rasa sakit atau berantakan gara-gara tumpahan cat, pasalnya laser tag menggunakan laser sebagai alat tembaknya.

Penggunaan iphone dan Android sebagi senjata laser tug gun dalam game, sebelumnya sudah diperkenalkan oleh Hasbro dan Hex3. Hasbro dan Hex3 membuat model senjata laser tug gun ini untuk Virtual Reality game yang bisa dipasangkan smartphone Android dan iPhone dengan nama Lazer Tag Blaster.

Cukup instal aplikasi game Lazer Tag dan pasangkan smartphone Android atau iPhone di model game senjata laser tag Blaster kita bisa langsung memainkannya dengan tampilan game di layar smartphone. Rencananya model game ini akan meluncur bulan Agustus nanti.